SBMPTN

Ratusan Alumni SMA Babel Masuk UBB

Dari 464 yang diterima di UBB itu, 82,76 persen atau 384 orang merupakan tamatan SLTA di Bangka Belitung,

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dodi Hendriyanto

BANGKA, BANGKAPOS.COM -- Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), telah diumumkan Kamis (9/07/2015) petang, sekitar pukul 17.00 WIB. Situs resmi SBMPTN menyebutkan dari 3.669 pendaftar ke Universitas Bangka Belitung (UBB), 464 diantaranya diterima di UBB.

“Dari 464 yang diterima di UBB itu, 82,76 persen atau 384 orang merupakan tamatan SLTA di Bangka Belitung,” ujar Eddy Jajang J Atmaja, Kepala UPT Humas, Kerjasama dan Penerbitan UBB, Jumat (10/7).
SBMPTN tahun ini diikuti 74 perguruan tinggi negeri (PTN) se Indonesia. Khusus UBB yang mempunyai 13 program studi (prodi), “dilamar” (diminati) 3.669 peserta, berasal dari 13 provinsi.

Di luar Babel, peserta dari Sumatera Utara (Sumut) merupakan provinsi terbanyak ke dua yang diterima di UBB. Sedangkan peringkat ketiga dan ke empat ditempati jebolan SLTA Sumatera Selatan dan Jawa Barat.

“SBMPTN tahun ini UBB menerima 33 tamatan SLTA Sumut, 24 tamatan SLTA Sumsel dan delapan jebolan SLTA Jawa Barat,” tukas Eddy Jajang.

Sementara peserta SBMPTN dari provinsi lain masing-masing kurang dari lima orang. DKI Jakarta contohnya empat orang, Banten tiga orang, Sumatera Barat dan Jawa Tengah dua orang.

“ Selebihnya hanya satu orang, masing-masing tamatan SLTA Provinsi Jambi, DI Yogyakarta, Kepulauan Riau dan Lampung,” ujar Eddy Jajang.

Dari 464 peserta SBMPTN yang diterima di UBB, Eddy menjelaskan Prodi Manajemen dan Prodi Agroteknologi, masing-masing menerima 47 peserta. Atau paling banyak menerima mahasiswa baru -- yang lolos SBMPTN -- di antara 13 prodi yang ada di UBB.

Prodi lainnya, yaitu Ilmu Hukum (45 orang), Teknik Elektro (43 orang), Teknik Sipil (41 orang), Akuntansi (40), Sosiologi (40), Teknik Mesin (35), Agribisnis (29), Manajemen Sumberdaya Perairan (29), Teknik Tambang (19) dan Biologi (18).

Dikemukakannya, dari 464 pelamar yang lolos masuk ke UBB sebesar 40,3 persen atau 187 orang memilih UBB sebagai pilihan pertama. Sementara 37,7 persen atau 175 orang memilih UBB sebagai pilihan ketiga. Sisanya, 102 orang atau 22 persen menjadikan UBB sebagai pilihan kedua.

“Data kita menyebutkan bahwa 80 persen dari 464 peserta SBMPTN yang diterima di UBB adalah peserta bukan penerima beasiswa atau reguler. Hanya 19,2 persen, atau 89 peserta saja yang diterima di UBB sebagai penerima beasiswa bidik misi,” ujar Eddy Jajang.

Menurut Eddy Jajang, calon mahasiswa UBB yang lulus SBMPTN itu selanjutnya wajib mengisi biodata secara online di laman situs pmb.ubb.ac.id. Di antaranya meng-upload pasfoto berwarna, kartu perserta SBMPTN, kartu keluarga, KTP kedua orangtua, foto rumah dan Surat Keterangan Penghasilan Orangtua.

“Tanggal 13 hingga 23 Juli 2015 merupakan waktu verifikasi dan daftar ulang bagi peserta yang lolos SBMPTN. Kemudian daftar ulang pada tanggal 29 hingga 30 Juli ke BAAK di Gedung Babel IV Kampus Terpadu UBB di Balunijuk. Peserta harus datang sendiri; tidak boleh diwakilan ke orang lain,” urai Eddy Jajang.

Penulis: dodi hendriyanto
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved