Jelang 1 Agustus, Harga Timah Dunia Kembali Naik

Di Bursa London metal Exchange (LME) grafik kenaikan harga terjadi pada pekan ini.

Jelang 1 Agustus, Harga Timah Dunia Kembali Naik
Bangka Pos
PT Timah merupakan pemasok balok timah terbesar diunia. Tampak Wali Kota Pangkalpinang Zulkarnain Karim sedang melihat balok timah batangan yang tersusun di gudang di Pusmet Bangka Barat.

Laporan Wartawan Bangka Pos, Teddy Malaka

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kamis (30/7/2015), harga timah dunia merangkak naik. Saat ini harga komoditi ekspor utama provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini menembus 16.000 USD Per Metrik Ton.

Di Bursa London metal Exchange (LME) grafik kenaikan harga terjadi pada pekan ini. Tren positif dimulai dari harga 14.000M USD kini mencapai harga 16.250 USD per metrik ton.

Saat ini opening stock di LME berada di posisi 6.990 USD/Mton. Viviznews melaporkan Harga mengalami lonjakan kencang di tengah potensi pengetatan ekspor dari Indonesia.

Pengiriman timah dari smelter di tanah air diperkirakan akan berkurang selama beberapa pekan ke depan. Negara eksportir timah dan produk timah terbesar dunia ini memberlakukan peraturan baru terkait ekspor timah yang berpotensi menurunkan pasokan.

Mulai tanggal 1 Agustus mendatang akan secara resmi berlaku peraturan baru yang mengharuskan produsen timah dan melakukan ekspor memiliki sertifikat bahwa timah yang mereka ekspor “bersih dan jelas.”

Sertifikat ini untuk menyatakan bahwa timah ekspor tersebut benar-benar berasal dari tambang berlisensi dan bukan hasil penambangan illegal.

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved