Breaking News:

Citizen Reporter

Kwarcab Bangka Uji Dua Pramuka Penegak Garuda

Pengurus Kwarcab Bangka melakukan pengujian 2 (dua) orang anggota Pramuka Penegak untuk menyandang Predikat Pramuka Garuda, Minggu (9/8)

Penulis: edwardi | Editor: edwardi
IST
Pengurus Kwarcab Bangka melakukan pengujian 2 (dua) orang anggota Pramuka Penegak untuk menyandang Predikat Pramuka Garuda, Minggu (9/8) di Sanggar Pramuka Kwarcab Bangka. 

Oleh: Aryono. S.Sos. MT,  Pengurus Cabang Kwarcab Bangka

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pengurus Kwarcab Bangka melakukan pengujian 2 (dua) orang anggota Pramuka Penegak untuk menyandang Predikat Pramuka Garuda, Minggu (9/8) di Sanggar Pramuka Kwarcab Bangka.

Muhammad Nursi, SIP, Ketua Kwartir Cabang Bangka mengatakan, predikat Pramuka Penegak Garuda saat ini masih jarang dan berharap kepada kedua peserta yang diuji, yakni Dwita Pratama dan Tifani Oktha Riana untuk bisa memahami dan melaksanakan tugas sebagai Pramuka Penegak Garuda.

“Menjadi Pramuka Garuda Penegak ini bukan untuk dicapai tetapi bagaimana untuk mempertahankan dan melaksanakannya demi kemajuan Pramuka, bukan hanya di rumah tetapi diluar rumah, sekolah dan lingkungan masyarakat,’’ kata Nursi.

Nursi menambahkan, Pramuka sebagai wadah pendidikan kaum muda yang suka berkarya, merupakan wadah penting dalam pembentukan karakter anak bangsa, untuk itu anggota pramuka dituntut keterampilan, kemampuan dan dapat beradaptasi serta membhaktikan dirinya kepada lingkungannya, di keluarganya, sekolah, masyarakat , bangsa dan negara tercinta Indonesia.

‘’ Insya Allah pengukuhan dan pelantikan Pramuka Penegak Garuda akan dilakukan bertepatan dengan Peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka ke 54 Tahun 2015 bertempat di halaman Kantor Bupati Bangka pada tanggal 15 Agustus 2015,’’jelas Nursi.

Anggota Pramuka yang diuji yakni Dwita Pratama dari Gudep (Gugus depan) SMA Negeri 1 Sungailiat dan Tifani Oktha Riana, dari SMA Negeri 1 Pemali.

Pengujian itu dilakukan sebagai salah satu wujud kemampuan dan keterampilan anggota pramuka dalam menempuh pendidikan di kepramukaan adalah kenaikan tingkat golongan, dengan syarat aktif berlatih di Gugus depan Sekolahnya dan menyelesaikan SKU (Syarat Kecakapan Umum) dan SKK ( Syarat Kecakapan Khusus ) dan berhak menyandang predikat seperti untuk golongan Penegak yaitu Penegak Bantara dan Penegak Laksana.

Dalam pengujian tersebut, kedua peserta berhasil menjawab pertanyaan dari tim penguji Syaiful Anwar, Supriyanto, Muctar Djabardan, Maria dan Pembinanya Ansori Hakim seperti tingkah laku sehari-hari, pekerjaan yang dilakukan dirumah, disekolah, di lingkungan tempat tinggalnya, dan kegiatan bhakti sosial kemasyarakatan lainnya.

Tags
Pramuka
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved