Lipsus Cuaca Babel

Ada 163 Titik Api Di Babel

Titik api kata Nazalius banyak terdapat di daerah Bangka Barat (Babar) dan Bangka Selatan (Basel).

Ada 163 Titik Api Di Babel
pekanbaru.tribunnews.com
ilustrasi

PANGKALPINANG, BANGKA POS -- Kepala Dinas Kehutanan Babel, Nazaliyus mengatakan cuaca panas sangat berpotensi menimbulkan kebakaran. Bulan ini, Dishut Babel mencatat ada sebanyak 68 titik api di Babel. Beruntung hanya terjadi kebakaran kecil di titik-titik api tersebut.

Titik api kata Nazalius banyak terdapat di daerah Bangka Barat (Babar) dan Bangka Selatan (Basel). Menurutnya kebakaran yang terjadi kebanyakan dari pembukaan lahan dengan cara membakar.

"Hingga bulan ini ada163 titik api, tahun kemarin ada 280 titik. Tahun ini paling banyak yang terpantau ada Babar dan Basel, penyebabnya orang buka lahan dengan bakar. Kebakaran bisa meningkat walau kecil," kata Nazaliyus, Rabu (19/8).

Nazalius mengaku sudah ada antisipasi kebakaran di beberapa daerah. Salah satu langkah antisipasi adalah membentuk masyarakat peduli api.

Selain masyarakat peduli api, Nazaliyus menyebutkan dirinya juga membentuk tim manggala akni atau tim pemadam api. Tim ini katanya bertugas untuk menangani kebakaran hutan.

Nazalius mengatakan tim tersebut belum dapat bekerja 100 persen, hal ini disebabkan masih terkendala masalah peralatan. Untuk menangani kebakaran saat ini pihaknya masih mengandalkan masyarakat peduli api.

Kebakaran yang terjadi saat ini kata Nazalius, 90 persen disebabkan oleh ulah manusia. Dirinya menegaskan sanksi berat sudah menanti jika kedapatan membakar hutan.

"Kita harap cara pembukaan lahan jangan pakai bakar lah," ujarnya. (l4)

Penulis: Evan
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved