Warga Laporkan Ahok ke KPK Terkait Pembelian Lahan RS Sumber Waras

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi oleh seorang

Warga Laporkan Ahok ke KPK Terkait Pembelian Lahan RS Sumber Waras
Kompas.com/Kurnia Sari Aziza
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama saat menjadi inspektur upacara HUT ke-70 Republik Indonesia, di Lapangan Monas, Senin (17/8/2015). 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA,  - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi oleh seorang warga bernama Amir Hamzah.

Ahok dianggap telah menyalahgunakan wewenang dalam pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras.

"Kita minta hasil audit BPK ditindaklanjuti dengan melakukan pemeriksaan ke Gubernur DKI Jakarta dan direksi RS Sumber Waras," ujar Amir di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (20/8/2015).

Amir berharap KPK memeriksa hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah DKI Jakarta tersebut. Menurut dia, hasil audit tersebut mengindikasikan adanya penggelembungan anggaran dan korupsi dalam kasus tersebut.

Amir mengatakan, ada beberapa faktor yang menimbulkan kecurigaan adanya korupsi. Salah satunya adalah penentuan harga tanah senilai Rp 755 miliar.

Ia menganggap penentuan harga itu tidak melalui mekanisme penilaian wajar. Penentuan tersebut hanya berdasar pertemuan tertutup Ahok dengan direksi RS Sumber Waras.

"Harusnya lewat proses sosialiasi dan lainnya memakan waktu tiga bulan. Tapi ini langsung diputus sendiri sama Gubernur dan sehari jadi," kata Amir. 

Amir mengatakan, selama ini ia mencatat banyak pelanggaran yang dilakukan oleh Ahok terkait peraturan dan perundangan. Namun, pelanggaran tersebut tidak kunjung ditangani dan terkesan ada pembiaran.

"Tapi DPRD lemah dan banyak alasan dari gubernur. Jadi saya pikir Sumber Waras harus ditindaklanjuti," kata Amir.

Tags
kpk
Ahok
Editor: Hendra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved