Pilkada Bateng

Panwas Harus Buat Catatan

"Panwascam harus lebih jeli mengawasi setiap pergerakan dalam tahapan kampanye dan jangan pernah arogan dalam bertindak.

Panwas Harus Buat Catatan
dok
Sosialisasi tahapan pengawasan Pilkada di Kabupaten Bangka Tengah oleh Bawaslu Provinsi Babel, Jumat (21/08/2015). 

Laporan wartawan Bangka Pos, Zulkodri

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Selain menerima data dan laporan, anggota Panwas Pilkada juga harus membuat catatan kondisi nyata di lapangan, bukan hanya sekadar mengisi formulir saja.

Demikian dikatakan Ketua Bawaslu Provinsi Babel Zulterry ketika memberikan materi sosialisasi kepada anggota Panwascam se-Kabupaten Bangka Tengah, Jumat (21/08/2015).

"Panwascam harus lebih jeli mengawasi setiap pergerakan dalam tahapan kampanye dan jangan pernah arogan dalam bertindak. Tunjukkan data dan bukti yang ada, baru kemudian dilakukan penidakan sesuai aturan yang berlaku dan jangan bertindak tanpa ada data karena itu rawan terjadi konflik," ujar Zulterry.

Sosialisasi pengawasan tahapan Pilkada ini, lanjutnya penting untuk menyamakan persepsi. Untuk itu, anggota Panwaslu dan Panwascam dalam melakukan pengawasan dan penindakan harus berdasarkan data sebagai dasar yang kuat untuk memproses kasus pelanggaran.

Anggota pengawas pemilu lanjutnya harus membuat catatan kondisi nyata di lapangan, bukan hanya sekadar mengisi formulir saja.

Ia juga mengatakan, harus diwaspadai daerah perbatasan yang dikhawatirkan ada pemilih yang dieksodus masuk ke daerah Bangka Tengah.

"Anggota panwas harus lebih konsentrasi melakukan pengawasan dan memetakan situasi rawan terutama di daerah rawan. Awasi secara ketat pergerakan dan adanya praktek kecurangan dilakukan petugas pemilu di antaranya PPS dan PPK. Sediakan formulir catatan penting tentang situasi dan kondisi di lapangan, untuk dibuat laporan dan ditindaklanjuti," ujarnya.

Tags
pilkada
Penulis: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved