Pemkab Bangka Gandeng IPB Ciptakan Pertanian Tangguh

Menguatkan visi misi Kabupaten Bangka yakni Bangka Bermartabat, Pemkab Bangka melakukan kerjasama dengan PB Jawa Barat.

Pemkab Bangka Gandeng IPB Ciptakan Pertanian Tangguh
Dok Humas Setda Bangka
Naskah kesepahaman antara Pemkab Bangka dengan IPB yang ditandatangani langsung Bupati Bangka H. Tarmizi Saat dengan Rektor IPB Professor Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, MSc, Selasa (25/8/2015) di Gedung Andi Hakim Nasoetion Kampus IPB Jawa Barat.

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dalam rangka mewujudkan dan menguatkan visi misi Kabupaten Bangka yakni Bangka Bermartabat, Pemkab Bangka melakukan kerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) Jawa Barat.

Kerjasama tersebut dituangkan dalam bentuk naskah kesepahaman antara Pemkab Bangka dengan IPB yang ditandatangani langsung Bupati Bangka H. Tarmizi Saat dengan Rektor IPB Professor Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, MSc, Selasa (25/8/2015) di Gedung Andi Hakim Nasoetion Kampus IPB Jawa Barat.

Naskah Kesepahaman ini bergerak dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan, pendampingan pembangunan daerah, pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi dan pertanian serta kegiatan lain yang disepakati bersama.

Bupati dalam sambutannya usai penandatanganan kesepahaman mengungkapkan Kabupaten Bangka pasca penambangan timah ini nantinya, diharapkan dapat beralih ke sektor pertanian sehingga bisa tangguh dan dapat memberikan kontribusi untuk masyarakat.

"Pertanian sesuai misi visi Bangka merupakan hal yang utama," kata Tarmizi melalui rilis Bagian Humas, PDe dan Santel Setda Bangka kepada Bangkapos.com, Selasa (25/8/2015).

.
Untuk itu, kedatangan Pemkab Bangka untuk meminta bantuan IPB terutama di bidang pendidikan, pelatihan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia sehingga mampu membuat Kabupaten Bangka bisa bersaing dan sejahtera.

Sementara itu, Rektor IPB Herry Suhardiyanto mengharapkan kesepahaman ini bisa memberikan dampak dan diimplikasikan untuk masyarakat.

"IPB mempunyai beberapa fakultas, dan berharap kesepahaman ini harus memberikan dampak positif untuk masyarakat dan adanya inovasi untuk kemajuan daerah," harapnya.

Menurut Boy Yandra, Kabag Humas, PDE dan Santel kerjasama ini salah satu tujuannya untuk mempercepat dan meningkatkan kemajuan daerah Kabupaten Bangka terutama di bidang pendidikan, pelatihan dan lainnya.

"Kita ingin meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mengembangkan potensi sumber daya alam kita yang lebih baik dan modern sesuai dengan pemikiran akademisi," ungkap Boy.

Boy menambahkan, naskah kesepahaman dengan kampus yang mempunyai slogan "Mencari dan Memberi Yang Terbaik" ini akan berlaku selama tiga tahun dan akan dievaluasi secara berkala setiap satu tahun sekali.

"Untuk hal yang menyangkut tindak lanjut kerjasama, diatur dan dituangkan dalam perjanjian pelaksanaan tersendiri yang merupakan satu kesatuan dan bagian yang tidak dipisahkan dari naskah kesepahaman," tukas Boy Yandra yang ikut mendampingi Bupati Bangka bersama beberapa kepala SKPD, yakni Kepala Bappeda, Pan Budi Marwoto, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Suhodo, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Dalyan Amrie, Kepala Dinas Pendidikan, Padlim

Penulis: edwardi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved