Raffa Penderita Kelainan Hati Beli Susu Saja Tak Mampu Lagi

Raffa, balita tiga tahun pengidap penyakit langka alagille syndrome mengharapkan bantuan dana untuk menjalani proses

Raffa Penderita Kelainan Hati Beli Susu Saja Tak Mampu Lagi
IST
Raffa berusia tiga tahun warga Bangka Selatan yang menderita kelainan hati membutuhkan uluran tangan.

Laporan Wartawan Bangka Pos, Khamelia

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Raffa, balita tiga tahun pengidap penyakit langka alagille syndrome mengharapkan bantuan dana untuk menjalani proses pengobatannya.

Putra pasangan Hazir dan Siti Amiza merupakan warga Nangka RT 09 Kecamatan Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan. Semestinya saat ini Raffa harus dirawat di RSCM Jakarta, namun apa boleh buat karena orangtuanya kehabisan uang untuk biaya hidup di sana terpaksa bocah ini dibawa pulang ke rumah.

"Sudah dibawa ke Jakarta tapi kami kehabisan dana jadi pulang," ujar sang ibu, Siti Amiza kepada bangkapos.com, Kamis (10/09/2015).

Siti mengatakan, putra tercintanya didiagnosa dokter menderita penyakit alagille syndrome positif, yaitu penyakit yang sangat langka, yakni kelainan kromosom sifat sel.

Penyakit ini menyerang berbagai organ tubuh vital, mulai dari fungsi hati, jantung dan ginjal secara bersamaan. Penderita penyakit ini akan menderita kelainan di beberapa organ khususnya hati. Jumlahnya aliran empedu sangat minim hingga mengakibatkan aliran terhambat ke kantong empedu dan berbalik ke belakang dan menimbulkan kerusakan sel hati.

"Jalan satu-satunya penyembuhan anak saya harus menjalani cangkok hati," ujar Siti.

Sedangkan biaya cangkok hati kata siti butuh dana yang sangat besar. Sementara untuk memenuhi kebutuhan Raffa ia bersama suami yang hanya bekerja sebagai buruh tani begitu kesulitan.

"Untuk beli susu buat Raffa kami sudah tak sanggup lagi, karena dia harus minum susu khusus seharga Rp250 ribu per 400 gr. Karena sudah tak punya uang lagi, Raffa terpaksa minum susu seadanya," ujar Siti.

Dia berujar seharusnya bulan Juni lalu Raffa harus balik ke Jakarta tapi karena tidak ada biaya putranya tersebut cuma bisa kontrol di RSUD Bangka Tengah.

"Untuk itu kami mohon sekali bantuannya karena kami benar-benar sudah tak punya biaya lagi, sementara kami enggak tega setiap hari melihat anak kami perutnya membesar, matanya makin kuning dan sekujur badannya gatal-gatal," ucap Siti menahan tangis.

Dengan penuh harap Siti berdoa agar Raffa bisa melakukan transplantasi hati.

Bagi pembaca yang ingin berbagi kasih bisa menghubungi orangtua Raffa Hp 081273308941 atau melalui rekening atas nama Siti Amiza no rekening Bank Mandiri 16 900 0039 2263.

Penulis: khamelia
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved