Nek Nur Setiap Hari Nyadap Karet untuk Berkurban

Bukan sekali ini saja Nek Nur melaksanakan kurban. Hampir setiap tahun Ia menunaikan amaliah berkurban ini.

Nek Nur Setiap Hari Nyadap Karet untuk Berkurban
(nurhayati/bangkapos.com)
Ilustrasi berkurban 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dodi Hendriyanto

BANGKA, BANGKAPOS – Nek Nur bukan lah orang kaya. Keterbatasan ekonomi perempuan berusia 65 tahun ini, tidak menjadi halangan dirinya untuk berkurbanpada perayaan Idul Adha 1436 H.

Satu sapi seharga Rp 16 juta diserahkan Nek Nur kepada H Khoirudin, Pengurus Masjid Al PAD Desa Balun Ijuk, yang sekaligisu panitia kurban 1436 H Desa Balun Ijuk Kabupaten Bangka.

Bukan sekali ini saja Nek Nur melaksanakan kurban. Hampir setiap tahun Ia menunaikan amaliah berkurban ini.

Setidaknya secara berturut-turut tiga tahun terakhir ini, Nek Nur selalu membeli seekor sapi sebagai hewan kurban, yang diserahkannya kepada panita kurban Desa Balunijuk.

Pekerjaan sehari-hari Nek Nur hanyalah penyadap karet. Kebun karet peninggalan suaminya (alm) yang tidak sampai satu hektar, menjadi modal Nek Nur untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Meski masih merawat seorang anaknya, Nek Nur masih mampu membagi rezeki hasil penjualan getah karet tersebut untuk membeli hewan kurban.

“Kami bangga dengan Nek Nur ini, dan sekaligus malu. Penghasilan dari nyadap karet tidak seberapa, mungkin tidak sampai 20 kg sehari. Apalagi dengan harga yang sangat rendah saat ini sekitar Rp 4.000/kg, Nek Nur masih mampu menyisihkan rezeki untuk menabung lalu membeli sapi untuk ber qurban,” ujar Atung, warga Desa Balun Ijuk, Jumat (25/9/2015).

Hasil menyadap karet yang hanya berkisar Rp 40.000-Rp 70.000 per hari itu ternyata mampu mempertebal keyakinan Nek Nur untuk melaksanakan perintah Allah SWT untuk ber qurban setiap 10 perayaan Idul Adha.

Bagi Nek Nur, rezeki sudah ada yang mengatur. Ia tidak ragu sedikitpun untuk menunaikan ibadah berkurban.

Halaman
12
Penulis: Dody
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved