Belum Ada Korban Jiwa Dan Pelaku Terkait Kebakaran di Basel

Pihak Pemadam Kebakaran kabupaten Bangka Selatan yang telah menangani sebanyak 123 kasus kebakaran di tahun 2015

Belum Ada Korban Jiwa Dan Pelaku Terkait Kebakaran di Basel
BANGKAPOS.COM/AJIE GUSTI
Kapolres Basel, AKBP Satria Rizkiano saat bersama masyarakat di wilayah desa Jeriji Toboali melakukan himbauan dan penempelan spanduk terkait pelarangan pembakaran hutan, Rabu (30/9/2015). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Ajie Gusti Prabowo

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pihak Pemadam Kebakaran kabupaten Bangka Selatan yang telah menangani sebanyak 123 kasus kebakaran di tahun 2015 ini mengaku, hingga saat ini sejak bulan Maret terjadinya kebakaran belum menelan korban jiwa ataupun ditangkapnya pelaku pembakaran di wilayah Basel.

"Hanya saja baru-baru ini ada kebakaran di rumah warga yang melukai pemiliknya karena api menyambar bahan bakar sehingga membuat cedera ringan korban kebakaran itu. Untuk yang lain belum ada, dan setahu kita juga belum ada penangkapan pelaku pembakaran di wilayah kita," ungkap Kasi Kebakaran PU Basel, Felly saat ditemui dikantornya, Kamis (1/9/2015).

Menurutnya, kebakaran yang terjadi di wilayah Basel dipicu dua hal yaitu secara sengaja dan tidak sengaja, seperti membuang puntung rokok ataupun saat warga sekitar melakukan pembakaran sampah yang menyebabkan api terbang tertiup angin.

"Jadi kami harap masyarakat untuk tidak membakar dahulu, dan sebaiknya wilayah pemukiman yang masih belukar untuk dibuat batasan. Intinya kami siaga apabila ada laporan, tetapi harapan kami jangan sampai terjadi karena pasti akan ada kerugian akibat hal itu," jelasnya.

Selain itu, kesulitan yang dihadapi para petarung api asal Basel tersebut adalah sulitnya melokalisir area kebakaran karena wilayah terjadinya yang tidak bisa dilalui mobil damkar seperti hutan yang begitu jauh dari wilayah pemukiman warga di desa-desa.(*)

Baca Berita selengkapnya terkait penanganan kebakaran dan kabut asap yang terjadi di Bangka Belitung hanya di Harian Cetak Bangka Pos dan Babel News, edisi Jumat (2/10/2015).

Penulis: tidakada012
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved