Piala Presiden 2015

Mengaku Simpatisan Jakmania, 10 Orang Ditangkap Karena Lempari Bus

Sebanyak 10 orang yang disangka sebagai pelaku pelemparan kendaraan di kawasan MT Haryono, Jakarta, Sabtu (17/10/2015) dini hari

Mengaku Simpatisan Jakmania, 10 Orang Ditangkap Karena Lempari Bus
TRIBUN NEWS / HERUDIN
Para penggemar Persija yang dikenal dengan The Jakmania berunjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (5/5/2015). Mereka mendesak Presiden Jokowi untuk melanjutkan kompetisi QNB League musim ini. 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA,  - Sebanyak 10 orang yang disangka sebagai pelaku pelemparan kendaraan di kawasan MT Haryono, Jakarta, Sabtu (17/10/2015) dini hari, ditangkap polisi. Mereka mengaku simpatisan The Jak mania, kelompok suporter klub Persija Jakarta.

"Ada 10 orang, mereka mengaku sebagai simpatisan, tapi tidak membawa atribut Jakmania," kata Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Aswin, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu.

Saat ditangkap sekitar pukul 03.00 WIB dini hari, mereka juga mengaku tidak saling kenal. Saat mereka berada di sana, aksi pelemparan juga sudah terjadi.

"Mereka mengaku ikut-ikutan. Mereka juga mengaku tidak saling kenal satu sama lain, tapi kebetulan bertemu di sana karena membaca ajakan penyerangan di medsos mereka," terang Aswin.

Para pelaku pelemparan ini rata-rata masih remaja. Masing berinisial R (17), B (18), ES (18), W (18), AFC (18), AKD (19), A (19), AM (20), AS (25), dan AM (29).

Polisi tidak menemukan senjata tajam dari mereka, namun pemeriksaan terhadap mereka tetap dilakukan.

"Mereka masih kita periksa," katanya.

Aksi anarkistis sebelumnya terjadi di sekitar Jalan MT Haryono. Mereka melakukan sweeping dan melempar batu ke arah mobil bernomor polisi D dari Bandung.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebelumnya merasa malu dengan perhelatan final Piala Presiden 2015. Sebab, laga final turnamen tersebut justru tidak melibatkan klub asal Ibu Kota, Persija Jakarta.

Namun, di sisi lain, pemberitaan laga final justru dihebohkan dengan potensi kericuhan yang akan ditimbulkan pendukung Persija, The Jakmania. 

"Mohon maaf nih, yang paling masalah tuh Jakmania sebenarnya. Sudah enggak becus olahraga, ributnya jago. Ini masalah," ujarAhok saat rapat koordinasi kesiapan pengamanan final Piala Presiden 2015 di Mapolda Metro Jaya, Jumat (16/10/2015). 

Final Piala Presiden pada Minggu (18/10/2015), akan mempertemukan Persib Bandung dan Sriwijaya FC. Pertandingan yang akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo itu rencananya akan dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Editor: Hendra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved