Pemkab Bangka Sudah Siapkan Langkah Tangani Kebakaran Bukit Maras

Kebakaran hutan masih terus terjadi di beberapa titik di Kabupaten Bangka terutama di Hutan Bukit Maras Kecamatan Riausilip Kabupaten Bangka.

Pemkab Bangka Sudah Siapkan Langkah Tangani Kebakaran Bukit Maras
bangkapos.com/Iwan S
Kebakaran yang melanda kawasan hutan konservasi Bukit Maras baru-baru ini

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Kebakaran hutan masih terus terjadi di beberapa titik di Kabupaten Bangka terutama di Hutan Bukit Maras Kecamatan Riausilip Kabupaten Bangka.

Hampir setiap hari mobil pemadam kebakaran (damkar) milik Unit Pelaksana Teknis Pemadam Kebakaran Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Bangka tidak berhenti mengatasi kebakaran yang terjadi.

Diakui Sekda Bangka H Fery Insani, kebakaran hutan di Maras maupun di beberapa tempat di Kabupaten Bangka sebagai musibah. Dia bersama Kapolres Kabupaten Bangka AKBP Sekar Maulana sebulan lalu sudah turun langsung ke lokasi kebakaran hingga malam hari.

"Sudah kami buat langkah-langkahnya, kalau terjadi kebakaran yang masih lama kami lakukan evakuasi warga dan anak-anak. Langkah berikutnya kemarin kami tidak mau riya (sombong-red) sudah kirim 3.000 masker oleh ibu Then (Pjs Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Then Suyanthi-red)," jelas Fery kepada bangkapos.com, Kamis (22/10/2015) di Kantor Bupati Bangka.

Dia meminta Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka juga mengecek kesehatan anak-anak yang tinggal di desa-desa dekat sekitar Bukit Maras apakah mereka terserang Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) akibat adanya kebakaran.

Selain itu lima satpol pp diminta stand by di Kantor Camat Riausilip agar bisa bergerak cepat bersama satu unit mobil pick dan peralatan.

Pemkab Bangka juga lanjut Fery sudah menyiapkan tiga drum air di rumah-rumah warga sekitar Gunung Maras jika ada kebakaran menjalan ke semak sekitar rumah warga bisa dipadamkan sendiri oleh warga.

Penulis: nurhayati
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved