Polisi Sita 200 Kg Dari TI Pangkalarang

Kepolisian Sektor Taman Sari menyita tiga kampil karung berisi pasir timah.

Polisi Sita 200 Kg Dari TI Pangkalarang
bangkapos.com/Anthoni
Tiga kampil pasir timah yang diamankan Polsek Taman Sari 

PANGKALPINANG, BANGKA POS -- Kepolisian Sektor Taman Sari menyita tiga kampil karung berisi pasir timah.

Pasir timah seberat 200 kilogram, itu disita dari Tambang Inkonvensional (TI rajuk) yang beroperasi di daerah aliran sungai (DAS) Pangkalarang Pangkalpinang, Minggu (25/10) dini hari lalu.

Tak hanya menyita barang bukti pasir timah, polisi juga mengamankan David Yohanes Paulus (36) pemilik ponton dan Taufik (34) selaku pengurus ponton. Selain itu polisi juga mengamankan Andi Setiawan (31), Apriyanto (32), Periasan (44) dan Sapta Irwadi (25) pekerja tambang.

Kapolsek Taman Sari Kompol Nur Samsi menyebutkan, penertiban yang dilakukan pihaknya menyusul adanya laporan masyarakat yang menyebut masih maraknya aktifitas penambangan di aliran sungai Pangkalarang.

"Kami dapat informasi bahwa aktifitas penambangan di sungai Ampui masih marak terjadi. Setelah cek ternyata benar hingga kami tertibkan," ujar Samsi mewakili Kapolres AKBP Heru Budi Prasetyo, Senin (26/10).

Menurut Samsi, aktifitas penambangan biasanya dilakukan malam hari hingga menjelang subuh. Biasaya pemilik ponton dan pekerja memilih beroperasi malam agar aktifitas penambangan yang mereka lakukan tidak mudah terendus aparat penegak hukum. Mengantisipasi kembali terjadi aktifitas penambangan, pihaknya berencana menggelar patroli rutin di kawasan tersebut.

"Kedepan kami akan meningkatkan pengawasan sekigus rutin melakukan patroli di lokasi tersebut," tegasnya.

Sejauh ini barang bukti tiga karung pasir timah diamankan di polsek. Sementara itu, pemilik ponton dan para pekerja diserahkan ke Polres Pangkalpinang guna penyidikan dan proses hukum lebih lnjut. (l3)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved