Relawan TIK Bagikan Trik Jadi YouTuber Datangkan Uang

Relawan TIK memberikan edukasi mengenai internet sehat, aman, cerdas, dan kreatif.

Relawan TIK Bagikan Trik Jadi YouTuber Datangkan Uang
Bangkapos.com/Nurhayati
Akbar, relawan TIK Babel, saat menyampaikan materi edukasi internet sehat, aman, kreatif dan produktif di SMKN 2 Pelayaran Sungailiat, Sabtu (31/10/2015). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kementerian Koordinator Teknologi dan Informasi Republik Indonesia melalui Relawan Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (TIK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan edukasi mengenai internet sehat, aman, cerdas, kreatif dan produktif kepada tujuh sekolah di kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Untuk Kabupaten Bangka, Relawan TIK ini terjun langsung memberikan edukasi kepada para siswa SMKN 2 Pelayaran Sungailiat. Kegiatan ini diikuti sebanyak 50 siswa di Ruang Lab SMKN 2 Pelayaran, Sabtu (31/10/2015).

"Ini bagian dari tugas kita sebagai Relawan TIK di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk memberikan pemahaman kepada adik-adik kita. Di era perkembangan teknologi ini pelajar bisa menyikapi dan memahaminya secara bijak, makanya kami hadir," jelas Akbar Riyani, selaku Humas dan Kemitraan Relawan TIK Babel kepada bangkapos.com.

BACAUni Eropa Tawarkan 1.600 Beasiswa Kuliah, Anda Berminat?

Dipilihnya SMKN 2 Pelayaran Sungailiat menurutnya, karena memiliki kejuruan multi media sehingga mereka sudah memiliki basic teknologi informasi.

Diakuinya seringkali internet disalahgunakan secara negatif, maka untuk mencegah agar para pelajar lebih bijak menggunakan internet maka Relawan TIK memberikan panduan sehingga internet bisa menjadi kegiatan positif bahkan bisa mendatangkan income untuk para pelajar.

"Kalau anak seusia pelajar jamannya mencari jati diri, jaman penasaran mereka, apa yang dilarang oleh orang tuanya, itu yang mereka kerjakan. Kami coba masuk pelan-pelan ke ranah mereka. Jadi kita lebih menekan untuk berpikir kreatif penggunaan internet."

BACA: Begini Kisah Cinta Wanita Pengiklan Jual Rumah Bonus Istri dengan Pujaannya

"Selama ini mereka melihat video seperti tawuran, negatif lainnya, kita arahkan yok buat video yang positif. Kami contohkan juga beberapa yang sudah sukses sebagai youTuber yang menghasilkan uang. Itu yang kita inginkan share ke mereka," jelas Akbar.

Dengan demikian menurutnya pelajar termotivasi untuk terlibat membuat sesuatu yang kreatif dan produktif. melalui penggunaan internet sehingga bisa merubah paradigma negatif tentang internet.

"Sejauh ini sudah banyak youTuber baik dari Bangka dan Belitung. Kita melihat orang sudah sukses dari Belitung seperti Andrea Hirata sukses lewat filmnya sampai di luar negeri ditayangkan. Hanya mereka untuk tahu orang Bangka atau Belitung belum banyak yang tahu," kata Akbar.

Melalui kegiatan ini diharapkan para pelajar di Kabupaten Bangka bisa maju dan bangkit agar suatu hari nanti mereka bisa menjadi youTuber terkenal dan mendunia.

LIKE: Facebook Bangkapos dan FOLLOW Twitter @Bangkapos

Penulis: nurhayati
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved