50 Perwira Polda Babel Dibekali Pelatihan Menilai Pejabat

Sebanyak 50 orang assessor dijajaran Polda Babel diberikan pelatihan oleh SDM Mabes Polri

50 Perwira Polda Babel Dibekali Pelatihan Menilai Pejabat
Bangkapos.com/Deddy Marjaya
Para perwira di jajaran Polda Babel yang mengikuti pelatihan assessor di Soll Marina Hotel berfoto bersama pemberi materi dari Mabes Polri, Minggu (1/11/2015). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Deddy Marjaya

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sebanyak 50 perwira di jajaran Polda Bangka Belitung mendapatkan pelatihan dari  Mabes Polri.

Pelatihan digelar selama tiga hari di Soll Marina Hotel Pangkalanbaru, Bangka Tengah. Peserta adalah tenaga ahli yang bertugas melakukan asessement di wilayah hukum Polda Babel.

"Selama tiga hari ini para perwira di jajaran Polda Babel diberikan pelatihan oleh tim SDM Polri," kata AKBP Nono Wardoyo Kabag Binkar Karo SDM Polda Babel mewakili Karo SDM Polda Babel Kombes (Pol) Zulfikar pada hari terakhir pelatihan, Minggu (1/11/2015).

Pengisi materi dipimpin oleh Kabag Penkompeten SDM Polri Kombes (Pol) Bambang Hastobroto dan Kombes (Pol) Pranata dan AKBP Beriza S.

Nono Wardoyo menjelaskan para assessor di jajaran Polda Babel berfungsi memberikan penilaian dan masukan terhadap para calon pejabat saat dilakukan assessment.

Para perwira yang telah mendapatkan sertifikat sebagai assessor ini juga bisa dimanfaatkan oleh eksternal Polri.

Nono Wardoyo mencontohkan, beberapa waktu lalu saat dilakukan lelang jabatan kepala dinas di Pemkab Bangka Barat, para assessor Polda Babel diminta melakukan assessment terhadap para calon. Selanjutnya hasilnya diserahkan kepada Bupati sebagai pengambil keputusan.

Pada pelatihan ini, tim dari SDM Mabes Polri memberikan 12 materi di antaranya, konsep assessment center, kompetensi dan metode assessment center, metode psikometri, metode/simulasi LGD/diskusi, dan simulasi interview/wawancara.

Selain itu, menyusun jadwal assessment center, praktek pemberian instruksi psikometri (kecerdasan dan keperibadian), praktik pemeberian instruksi diskusi, praktek pemberian instruksi presentasi, integrasi hasil assessment center, penulisan laporan assessment center, dan pemberian feedback.

LIKE: Facebook Bangkapos dan FOLLOW Twitter @Bangkapos

Penulis: deddy_marjaya
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved