Jebus Bangka Barat Terancam Krisis Listrik

General Operator Distribusi PLN Jebus Wiko mengatakan, masa kontrak mesin PLTD antara PLN dan pihak PT Sinarindo akan berakhir Desember 2015.

Jebus Bangka Barat Terancam Krisis Listrik
bangkapos/agus nuryadhyn
Petugas memperbaiki tiang listrik yang roboh di Desa Balunijuk, Kabupaten Bangka, Kamis (27/8/2015). 

MUNTOK, BANGKA POS - PT PLN tidak akan merelokasi PLTD Tambang (TB) 6 di Desa Mislak Kecamatan Jebus, menyusul keluhan warga yang terganggu suara mesin.

General Operator Distribusi PLN Jebus Wiko mengatakan, masa kontrak mesin PLTD antara PLN dan pihak ketiga yakni PT Sinarindo akan berakhir Desember 2015 nanti.

"PLN tidak merencanakan relokasi PLTD TB 6, karena nanti daya listrik akan disuplai dari PLTU Air Anyir, setelah proses suplainya melalui Gardu Induk (GI) di Kelapa," kata Wiko, Selasa (3/11).

Wiko mengatakan, suara mesin PLTD TB 6 dikeluhkan masyarakat. PLN kemudian menggelar pertemuan di Kantor Kecamatan Jebus yang dihadiri Manager Teknis PLN Wilayah Babel dan masyarakat.

"SUTT (Saluran Udara Tegangan Tinggi) sekarang masih dalam proses pemasangan, antara GI dan PLTD Jebus, SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi) antara PLTU Air Anyir dan GI Kelapa juga sudah dipasang. Kalau SUTT ini selesai dipasang dan siap dioperasikan, maka PLN tidak lagi memperpanjang kontrak mesin PLTD. Tetapi suplai listrik di Jebus-Parittiga akan langsung dari PLTU Air Anyer melalui GI Kelapa," jelas Wiko.

Sebelumnya, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Minerak (ESDM) Babar Iduwan mengatakan, wilayah Kecamatan Jebus dan Parittiga di Bangka Barat, terancam mengalami krisis listrik awal tahun 2016 nanti.

Kondisi itu bisa terjadi, bila PLN tidak mencari solusi sebelum masa kontrak mesin PLTD Tambang (TB) 6 di Desa Mislak Kecamatan Jebus, berakhir Desember 2015 mendatang.

Iduwan mengungkapkan, jika kontrak antara PLN dan PT Sinarindo tidak diperpanjang, maka penyediaan energi listrik akan berkurang.

"Hal ini sudah kami sampaikan dalam Rakor Gubernur tentang kelistrikan, beberapa hari lalu di Bangka Tengah," ungkap Iduwan.

PLTD Tambang 6 sebenarnya untuk memenuhi kebutuhan listrik dua kecamatan, itupun masih dibantu PLTD Merawang. Iduwan mengatakan, penyewaan mesin PLTD di TB 6, untuk menanggulangi penyediaan lisdes (listrik desa) tahun 2012 lalu.

Halaman
12
Penulis: riyadi
Editor: Dody
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved