Jenderal Gatot Ngotot Tambang Ilegal di Babel Dirazia

Jajaran kepolisian di Bangka Belitung tetap akan menertibkan tambang timah ilegal.

Jenderal Gatot Ngotot Tambang Ilegal di Babel Dirazia
bangkapos.com/Evan
Dirut PT Timah mendapingi Menteri ESDM, Sudirman Said, menuju Ruang Rapat PT Timah

PANGKALPINANG, BANGKA POS - Jajaran kepolisian di Bangka Belitung tetap akan menertibkan tambang timah ilegal. Kegiatan itu dilakukan hingga ada aturan baru yang disepakati melalui Forum Pimpinan Mineral dan Batubara Indonesia.

Demikian disampaikan Kapolda Babel, Brigjen (Pol) Gatot Subiyaktoro usai menghadiri pertemuan Forum Pimpinan Mineral dan Batubara Indonesia di Kantor PT Timah Tbk, Jalan Jenderal Sudirman, Pangkalpinang, pada akhir pekan lalu.

"Kita tetap lakukan penertiban tambang ilegal mengikuti aturan yang masih berlaku, masalahnya akan lain jika aturan baru seperti direncanakan melegalkan tambang ilegal dilakukan," kata Gatot, Sabtu (7/11).

BACA: Nikita Mirzani Gituin Jempolnya, Lagi Kepingin Kali

Gatot mengaku saat ini pihaknya sedang melaksanakan operasi Penertiban Tambang Ilegal (PETI). Penertiban itu dilakukan terutama di kawasan hutan konservasi, hutan lindung, dan hutan produksi. Tambang Inkonvensional (TI) apung juga termasuk sasaran penertiban.

"Kemarin kita amankan satu alat berat dikawasan hutan lindung di Bangka Barat dalam rangkaian Operasi PETI," ujarnya.

Sebelumnya, upaya penindakan juga dipikirkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap pemegang izin penambangan yang tidak patuh terhadap ketentuan penambangan timah di Babel.

Pimpinan KPK yang hadir dalam pertemuan Forum Pimpinan Mineral dan Batubara Indonesia menyebut akan melakukan upaya disinsentif kepada pihak-pihak tersebut.

"Disinsentif bagaimana detilnya semacam dijewer karena kurang patuh. Selama ini jewernya kurang kenceng. Bukan cuma pengusaha, tetapi juga pemda (pemerintah daerah) kalau memang terlibat dan terindikasi," kata Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja, di tempat yang sama.

BACA: Bocah Hitam Jadi Meme Ngetop di Dumay, Ternyata Ini Orangnya

Halaman
1234
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved