KPI Tak Pernah Larang Kartun Dragon Ball Disiarkan

Pada forum tersebut, KPI menghargai penetapan klasifikasi R (Remaja) yang dilakukan Global TV untuk program Dragon Ball

KPI Tak Pernah Larang Kartun Dragon Ball Disiarkan
Kartun Dragon Ball 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA -- Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) tidak pernah menjatuhkan sanksi pada program Dragon Ball yang tayang di Global TV.

Terhadap program ini, KPI memberikan perhatian khusus dan meminta klarifikasi dari Global TV dalam forum pembinaan lembaga penyiaran yang menjadi kegiatan rutin KPI, pada 15 September 2015. Demikian rilis yang diterima bangkapos.com dari Humas Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Kamis (12/11/2015).

Pada forum tersebut, KPI menghargai penetapan klasifikasi R (Remaja) yang dilakukan Global TV untuk program Dragon Ball. (Baca : Mengapa Kartun Dragon Ball Dilarang)

Meski demikian, KPI berkewajiban mengingatkan Global TV tentang unsur kekerasan yang ada dalam program tersebut.

Terkait dengan dihentikannya program siaran Dragon Ball oleh Global TV, KPI berharap semua pihak dapat mencari informasi melalui sumber yang tepat, sehingga informasi yang didapat pun akurat. (Gara-Gara Kabar Larang Dragon Ball, KPI Dibully)

Sesuai dengan amanat yang dituliskan dalam Undang-Undang nomor 32 tahun 2002 tentang penyiaran, KPI berkewenangan untuk memberikan sanksi berupa teguran tertulis, teguran tertulis kedua, pengurangan durasi dan penghentian sementara terhadap program siaran yang melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 & SPS).

Dalam catatan KPI, program Dragon Ball di Global TV belum pernah mendapatkan sanksi.

Sebagai pertanggungjawaban pada masyarakat atas pengawasan yang dilakukan KPI kepada lembaga penyiaran, setiap sanksi yang dijatuhkan KPI selalu dipublikasikan melalui website KPI, www.kpi.go.id.

Dengan demikian, masyarakat dapat melihat langsung, program-program televisi yang sudah mendapatkan sanksi, baik teguran tertulis, teguran tertulis kedua, pengurangan durasi ataupun penghentian sementara.

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved