Berkat Lele, Lekok Maju Menang Dramatis

Pokdakan Lekok Maju Kecamatan Pemali berhasil menang dramatis dalam final Lomba Asah Terampil di Kantor Sekretariat UPP Perikanan Budidaya

Berkat Lele, Lekok Maju Menang Dramatis
bangkapos.com/Edwardi
Final Lomba Asah Terampil Pokdakan di Kantor Sekretariat UPP Perikanan Budidaya DKP Kabupaten Bangka, Rabu (18/11/2015). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Berkat terampil pada uji ketangkasan memilih 6 ekor lele jantan diantara 50 ikan lele di babak akhir, Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Lekok Maju Kecamatan Pemali berhasil menang dramatis dalam final Lomba Asah Terampil Pokdakan di Kantor Sekretariat UPP Perikanan Budidaya DKP Kabupaten Bangka, Rabu (18/11/2015).

Sebagai juara pertama, Pokdakan Lekok Maju berhak mengikuti studi banding ke Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah, tanggal 19-21 November 2015.

Pokdakan Lekok Maju, dengan juru bicara Hari Kusnadi beranggotakan Suharsoyo dan Desi Mulyono menyisihkan dua pokdakan lainnya, Laskar Lele Kecamatan Mendobarat dan Belinyu Bersatu Kecamatan Belinyu.

Pada awal dan pertengahan lomba, Pokdakan Lekok Maju sempat tertinggal 100 poin dari Laskar Lele, tetapi berkat keterampilan Desi Mulyono, seorang peternak ikan lele sejak tahun 2003, poin awal 70 menjadi 170 berkat 100 poin hasil menangkap 6 lele jantan dari 50 ekor ikan lele jantan dan betina.

“Alhamdulillah Pokdakan Lekok Maju bisa tampil sebagai juara pertama pada lomba asah terampil, ini berkat kerjasama dan kebersamaan kami” ujar Hari Kusnadi, juru bicara Lekok Maju.

Dikatakan Hari, walaupun anggota kelompoknya berhak ikut studi banding ke Kampung Lele Boyolali Jawa Tengah, namun kebahagiaan ini akan dibagi kepada perwakilan Pokdakan Laskar lele dan Belinyu Bersatu.

“Demi kebersamaan dan kekeluargaan, kami dari Pokdakan Lekok Maju hanya mengutus 1 orang saja ke Boyolali, sedangkan jatah dua orang lagi diberikan ke anggota Laskar Lele dan Belinyu Bersatu,” ujarnya.

Sementara itu, Tri Rahmawati, panitia lomba yang juga Kasi Pembenihan dan Produksi DKP Kabupaten Bangka mengakui juara pertama pada lomba asah terampil ini akan diikutsertakan studi banding ke Boyolali.

“Memang benar, mereka yang juara pertama akan kita berangkatkan ke Boyolali kampung lele untuk mempelajari industri perikanan dari hulu hingga hilir, mulai produksi hingga pemasaran ikan. Cuma atas keinginan juara pertama ingin memberikan jatahnya kepada dua pokdakan lainnya,” jelasnya.

Tampak hadir dalam kegiatan Bupati Bangka diwakili Asisten bidang perekonomian dan pembangunan Kamil Abubakar, Kadin DKP Bangka Ahmad Sapran, Camat Pemali Basuni, serta undangan lainnya.

Penulis: edwardi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved