Kawasan Bebas Asap Rokok Desa Sinarsari Asbak Dalam Rumahpun Sudah Tiada Lagi

Tidak merokok di sembarang tempat di Desa Sinarsari ini, sebagai bagaian dari indikator Desa STBM Sinarsari.

Kawasan Bebas Asap Rokok Desa Sinarsari Asbak Dalam Rumahpun Sudah Tiada Lagi
Bangka Pos/Riyadi
Papan larangan merokok di masjid Desa Sinarsari Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat. 

KELAPA, BANGKA POS - Tidak bisa sembarangan merokok di desa ini. Sudah setahun ini, Desa Sinarsari Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat menerapkan kawasan tanpa asap rokok (KTR).

BACA : Sabun Ini Bisa Membahayakan Mata Anda

Desa yang sukses dengan program Open Defecations Free (ODF) 2012 dan sebagai desa Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM) tersebut, sudah menetapkan kawasan dilarang merokok.

Warga setempat, Supriadi menuturkan kesadaran masyarakat Sinarsari sendiri untuk tidak merokok sembarangan.

BACA : Di Polda Babel Ada Taman untuk Melangsingkan Polisi Gendut

"Awalnya memang ada yang masih belum sadar. Alhamdulillah kesadaran itu sudah membudaya, mereka tidak merokok di sembarang tempat lagi. Masyarakat Sinarsari sadar pentingnya memberi contoh baik yakni tidak merokok sembarang tempat," ujar Supriadi, Rabu (18/11).

BACA : Kue Khas Bangka Belitung Bertaburan di Kampus STKIP Muhammadiyah

Tempat untuk merokok di Desa Sinarsari berada di bawah pepohonan yang jauh dari perumahan penduduk, tepatya di ujung desa sekitar tempat pemakaman umum.

Pengamatan Bangka Pos Group, di satu rumah penduduk tidak lagi menyiapkan asbak rokok di atas meja. Muhammad warga dari luar Desa Sinarsari mengungkapkan, jarang menemukan orang merokok di rumah dan di sekitar lingkungan rumah.

Sementara, Kades Sinarsari Zarmindi mengatakan, sebagian besar masyarakat Desa Sinarsari sadar, untuk tidak lagi merokok di dalam rumah. Kalau memang masih ada yang merokok di dalam rumah artinya dia belum sadar.

"Desa sudah menyiapkan tempat khusus untuk merokok. Kami berharap warga dari luar desa kami, yang berkunjung ke desa kami, ya mohon ikuti apa yang sudah menjadi kesepakatan di tengah masyarakat kami. Kami tidak bisa melarang orang mau merokok, tapi kalau mau merokok ya silahkan posisikan diri di tempat yang telah disiapkan," ujar Zarmindi.

Menurut Zarmindi, meskipun desanya sudah menetapkan beberapa kawasan terbebas dari asap rokok, namun hal itu belum disertai sanksi.

Tidak merokok di sembarang tempat di Desa Sinarsari ini, sebagai bagaian dari indikator Desa STBM Sinarsari.

Kawasan Bebas Asap Rokok
- Rumah penduduk - lingkungan sekolah - TPA/TQA
- masjid - kantor - Poskesdes, Posyandu - merokok di dekat anak-anak

"Sanksi itu belum ada, tapi meskipun belum ada sanksi, Alhamdulillah sebagian masyarakat kami nggak merokok di sembarang tempat. Artinya masyarakat kami sadar tentang budaya tidak merokok di sembarang tempat," ungkap Zarmindi.(yik)

Editor: tidakada021
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved