Breaking News:

Jepang Siapkan Produk Komputer Tercepat di Dunia

Diketahui, komputer "K merupakan komputer ketiga tercepat di dunia, menurut "Top 500 list of Supercomputer

Jepang Siapkan Produk Komputer Tercepat di Dunia
klikbalikpapan.co
Ilustrasi komputer

BANGKAPOS.COM -- Jepang akan menghadirkan komputer tercepat di dunia pada 2020 mendatang. Itulah klaim negara Sakura tersebut, sebagaimana dilaporkan PCWorld dan dihimpun Nextren, Kamis (19/11/2015).

BACA : Apartemen Disergap, Otak Serangan Paris Dinyatakan Tewas

Seberapa hebat spesifikasi komputer tersebut belum dijelaskan secara detil. Namun, sebagai gambaran, komputer itu akan 100 kali lebih mumpuni ketimbang komputer "K".

Diketahui, komputer "K merupakan komputer ketiga tercepat di dunia, menurut "Top 500 list of Supercomputer".

Komputer itu dipersenjatai prosesor Fujitsu SPARC64 VIIIfx dengan inti prosesor sebanyak 705.204 buah dan kecepatan 10,5 petaFLOPS.

FLOPS atau floating-point operations per second adalah satuan pengukur kinerja komputer dalam hal berapa banyak kalkulasi matematis yang dilakukan dalam satu detik. 1 petaFLOPS setara dengan 1 quadriliun (1.000.000.000.000.000) kalkukasi matematis per detik.

Komputer "K" dikembangkan oleh Fujitsu dan institusi penelitian Jepang RIKEN, yang juga bakal menggodok komputer paling cepat ala Jepang keluaran 2020 mendatang.

BACA : Anak Durhaka Ini Perkosa Ibu Kandung dan Mengurungnya Dirumah

Komputer masa depan tersebut merupakan proyek nasional Jepang dengan nama "Flagship2020". Tampaknya, Jepang tak ingin kalah dari China dan Amerika Serikat yang juga tengah gencar menelurkan komputer paling cepat.

Sebagai informasi, komputer paling cepat saat ini dikembangkan oleh China, yakni Tianhe-2. Komputer tersebut memiliki kecepatan hingga 54,9 petaFLOPS.

Sementara itu, departemen energi AS juga tengah menggodok komputer bertajuk "Aurora" yang ditargetkan selesai pada 2019 mendatang. Komputer itu dikatakan berkecepatan 180 petaFLOPS.

Komputer-komputer tercepat dari ketiga negara, jika sesuai jadwal, sudah bisa diperkenalkan dalam kurun tahun 2018 hingga 2020.

Pengembangan komputer tecepat tak hanya soal ego tiap negara, tapi juga untuk menumbuhkan ekonomi, persenjataan dan program-program ilmu pengetahuan yang berguna bagi inovasi teknologi masa depan. (http://www.nextren.com)

Editor: Dedy Purwadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved