Kepulauan Pongok Minim Kriminalitas

Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan menggelar kegiatan lomba sadar hukum di Gedung Serbaguna Toboali Kabupaten Basel, Selasa (24/11).

Kepulauan Pongok Minim Kriminalitas
bangkapos.com/Ajie Gusti Prabowo
Para peserta dan tamu undangan saat melakukan foto bersama sebelum kegiatan lomba sadar hukum yang di gelar di Gedung Serbaguna Toboali, Selasa (24/11/2015). 

TOBOALI, BANGKA POS -Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan menggelar kegiatan lomba sadar hukum di Gedung Serbaguna Toboali Kabupaten Basel, Selasa (24/11).

Kegiatan dengan bentuk memberikan pertanyaan tentang hukum pada masing-masing kelompok peserta ini, bertujuan sebagai bentuk kesadaran hukum bagi masyarakat menuju arah yang lebih baik.

Dalam acara itu, turut dihadiri pihak Kejari Toboali, jajaran Pemkab Basel, serta yang terutama sebagai tim juri adalah dari pihak Kementerian Hukum dan HAM RI wilayah provinsi kepulauan Babel.

"Jumlah peserta ini sebanyak 40 orang dengan masing-masing kecamatan mengirimkan lima orang dari satu desa di kecamatannya masing-masing yang ditunjuk," ungkap Kabag Hukum Setda Pemkab Basel, Yapiter disela-sela kegiatan.

Ia menjelaskan, pemilihan peserta menggunakan kriteria penyaringan dengan salah satu contohnya desa tersebut memiliki angka kriminalitas kecil.

"Juga angka pernikahan dibawah umur yang minim, serta tingkat kesadaran akan kewajiban kepada negara seperti membayar pajak," katanya.

Selain itu, menurutnya, tujuan utama pelaksanaan ini agar para peserta setelah ini memberikan efek menjadi pelopor kepada masyarakat di desanya melalui pemahaman dan pengertian yang di dapatkan.

"Seperti akan pentingnya norma hukum dan perundang-undangan yang berlaku, sehingga menjadi lebih taat dan patuh terhadap hukum itu sendiri," tegas Yapiter.

Desa yang mewakili masing-masing kecamatan yaitu Desa Sidoharjo Kecamatan Airgegas, Desa Sengir Kecamatan Payung, Desa Tanjung Labu Kecamatan Lepar Pongok, Desa Celagen Kecamatan Kepulauan Pongok, Desa Batu Betumpang Kecamatan Pulau Besar, Desa Permis Kecamatan Simpang Rimba, Desa Tiram Kecamatan Tukak Sadai dan Desa Bikang Kecamatan Toboali.

Sementara, mewakili Bupati, Staf Ahlinya, Akhmad Zawawi menuturkan, kegiatan ini merupakan salah satu saranan penyebarluasan dan pemahaman terhadap hukum dan perundang-undangan.

"Sehingga terciptanya budaya hukum dalam keluarga, masyarakat di desa dan dikota. Kesadaran akan hak dan kewajibannya dapat dipahami, apa yang harus dilakukan dalam penegakan hukum dan apa yang tidak atau melanggar hukum," terangnya.

Menurutnya, dalam perlombaan ini bukan menang atau kalah, namun bagaimana menjadi pelopor di wilayahnya untuk sadar hukum.

"Yang kalah jangan kecewa, dan yang menang teruslah belajar, karena nantinya akan mewakili lomba serupa tingkat provinsi bahkan nasional," harapnya.

Kegiatan itu pun ditutup dengan ke?menangan juara satu dari Desa Celagen Kepulauan Pongok dengan mendapatkan bonus uang pembinaan senilai Rp 2 juta.

Sementara, Desa Sidoharjo Kecamatan Airgegas mendapat juara dua dengan bonus Rp 1.750.000 dan juar ketiga diperoleh Desa Permis Kecamatan Simpang Rimba mendapatkan bonus Rp 1,5 juta. (M4)

Editor: Dody
Sumber: babel news
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved