Jangan Simpan Uang Tunai Lebih Dari Rp 5 Juta Dalam Rumah

Peristiwa kasus pencurian yang terjadi di negeri laskar pelangi, beberapa waktu belakang, belum berhasil diungkap

Jangan Simpan Uang Tunai Lebih Dari Rp 5 Juta Dalam Rumah
bangkapos.com/dok
Kapolres Belitung AKBP Candra Sukma Kumara

TANJUNGPANDAN, BN -- Peristiwa kasus pencurian yang terjadi di negeri laskar pelangi, beberapa waktu belakang, belum berhasil diungkap oleh Jajaran Polres Belitung.

Rata-rata kasus tersebut, memiliki nilai kerugian hingga jutaan rupiah. Kapolres Belitung, AKBP Candra Sukma Kumara mengatakan, belum terungkapnya perkara pencurian-pencurian itu, lantaran pihaknya terkendala mengenai saksi mata di tempat kejadian perkara (TKP).

"Itu yang pertama. Petunjuk dari TKP ini gelap gulitanya, tapi kami meyakini, pelaku - pelaku itu, akan terus mengulang perbuatan mereka. Ya istilahnya, sepandai-pandai tupai melompat, pasti jatuh juga," kata Candra kepada Harian ini, Sabtu (28/11) lalu.

Tercatat, kasus yang mengalami kerugian besar, hingga kini belum terungkap yaitu pencurian di toko batu akik John Philliank Gemstones, terletak di Jalan Pantai, Kelurahan Kota, Tanjungpandan. Kasus yang berlangsung, Kamis (6/11) sekitar pukul 03.00 WIB itu, pemilik toko mengalami kerugian hingga Rp 300 juta.
Sedangkan, kasus lainnya yaitu, kasus pencurian batu akik di Toko Yonas Gamstone (AGB). Kejadian yang berlangsung sekitar pukul 18.00 WIB, Kamis (12/11) itu, korban mengalami kerugian sekitar Rp 71.750.000,-.

Pada Kamis (19/11) sekitar pukul 04.00 WIB, peristiwa pencurian terjadi kembali di kediaman Sujarwo (37). Warga Jalan Lettu Mad Daud RT 11/04, Kelurahan Parit, Tanjungpandan itu, harus kehilangan uang tunai sebesar Rp 85 Juta.

"Ya seperti jambret kemarin lah, setelah melakukan aksi di beberapa TKP, pasti lengah. Kami sudah mengantongi nama pelaku yang kami curigai, tinggal di trekking terus," ujarnya.

Candra mensinyalir, dari kasus perkara pencurian ini, modus pelaku rata-rata hampir sama. Sehingga, Ia menyimpulkan bahwa antara pencurian batu akik di dua TKP dan pencurian uang Rp 85 Juta, pelakunya sama.

"Sepertinya juga, pelaku lebih dari satu orang. Saya menghimbau kepada masyarakat, agar jangan menyimpan uang tunai, lebih dari Rp 5 Juta didalam rumah. Kalau sudah Rp 5 juta, langsung disimpan di Bank," kata dia.

Candra meminta, kepada masyarakat agar peduli dengan properti yang tersimpan didalam rumah. Pasalnya, saat ini Kabupaten Belitung, bukan seperti Kabupaten Belitung yang kembali terkenal aman.

"Kami minta juga, kalau bisa sudah menggunakan CCTV, terutama tempat usaha yang omsetnya sudah puluhan juta. Soalnya rekaman dari CCTV itu, sangat membantu sekali untuk pengungkapan kasus," pungkasnya. (N3)

Baca berita lengkapnya di Harian Pagi Babel News, edisi Senin, 30 November 2015.

FOLLOW Twitter @bangkapos dan LIKE Halaman Facebook: bangkapos

Editor: edwardi
Sumber: babel news
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved