Inilah Obat Mujarab Penawar Hati yang Galau

Gelak tawa merupakan obat yang manjur untuk meringankan gundah gulana dalam hati.

Inilah Obat Mujarab Penawar Hati yang Galau
Shutterstock
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Apakah perasaan Anda hancur karena kabar atau peristiwa kurang menyenangkan di pagi hari? Cobalah untuk tertawa lepas.

Sebab, seperti kita ketahui bahwa gelak tawa merupakan obat yang manjur untuk meringankan gundah gulana dalam hati.

BACA: (VIDEO) Anjing Selamatkan Bayi Baru Lahir yang Dibuang Orangtuanya

Pernyataan ini pun dikuatkan dengan hasil riset dari Oxford Researchers. Mereka menemukan, tertawa adalah penawar rasa sedih dan galau paling murah dan praktis.

Pasalnya, kala Anda tertawa tubuh melepaskan hormon endorfin yang bermanfaat untuk membangkitkan perasaan senang dan bersemangat.

Dr Robin Dunbar mengatakan pada New York Times bahwa tertawa memproduksi dan melepaskan endorfin secara merata pada tubuh.

BACA: Inilah 5 Mitos Perawan atau Tidak

Melalui eksperimen yang berkelanjutan, para peneliti memeriksa daya tahan tubuh responden. Mereka mempelajari kondisi fisik dan emosional masing-masing responden tersebut.

Lalu, sebelum dibagi menjadi dua kelompok, setiap responden wajib memasang manset yang terjepit pada ujung jari.

Responden di kelompok pertama di minta untuk menonton film drama dengan jalan cerita membosankan. Sementara itu, kelompok kedua menonton film komedi yang membuat mereka terpingkal-pingkal.

BACA: Rooney Dijuluki Mesin Pembuat Anak, Begini Cara Dia Melakukannya

Kemudian, para peneliti melansir hasil eksperimen dalam jurnal Proceedings of the Royal Society B, bahwa responden di kelompok kedua terbukti lebih kuat dalam menghadapi masalah emosional dan menahan sakit secara fisik.

Kondisi serupa tidak ditemukan peneliti pada kelompok pertama. Sebab, menurut peneliti, kelompok pertama lebih rentan terpapar penyakit dan cenderung murung setiap menghadapi masalah. (kompas.com)

Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved