Pria Ini Penemu Ikan Mujair yang Lezat

Ternyata penemu ikan mujair berasal dari Kota Blitar, Jawa Timur yang bernama Iwan Muluk atau Iwan Dalauk.

Pria Ini Penemu Ikan Mujair yang Lezat
pulsk.com
Iwan Muluk dan ikan temuannya yang diberi nama mujair. 

BANGKAPOS.COM, BLITAR - Ikan mujair? Hemm.. siapa tak suka kelezatan daging ikan tersebut, cara pengolahan ikan dengan cara digoreng ataupun dibakar tentunya membuat lidah sangat tergoda untuk segera mencicipinya.

Meski begitu, pernahkah terlintas dalam pikiran Anda, dari mana ikan ini berasal dan siapakah penemu ikan mujair nan lezat ini, hingga dinamai ikan mujair?

BACA: Inilah Obat Mujarab Penawar Hati yang Galau

Dikutip dari pulsk.com, ternyata penemu ikan itu berasal dari Kota Blitar, Jawa Timur yang bernama Iwan Muluk atau Iwan Dalauk, tapi beliau lebih dikenal dengan nama Mbah Moedjair.

Beliau lahir pada tahun 1890 di Desa Papungan yang berjarak 3 km arah timur Kota Blitar.

Betapa senangnya hati Mbah Moedjair saat tahu percobaannya berhasil, beliau lalu mencoba melakukan budidaya. Awalnya hanya satu kolam, kemudian berkembang menjadi tiga kolam.

BACA: Pengendara Wajib Tahu! Nih 3 Cara Pembayaran SIM Secara Online

Keberhasilan memelihara ikan jenis baru tersebut, membuat Mbah Moedjair terkenal. Hingga terdengar ke telingan Asisten Residen, penguasa wialayah Jawa Timur pada masa penjajahan Belanda.

Asisten Residen yang juga suka meneliti itu akhirnya datang menemui Mbah Moedjair dan banyak bertanya kepada Mbah Moedjair.

Terkesan akan keberhasilan Mbah Meodjair, akhirnya ikan unik itu diberi nama ikan mujair sebagai penghormatan terhadap penemunya.

BACA: (VIDEO) Anjing Selamatkan Bayi Baru Lahir yang Dibuang Orangtuanya

Mbah Moedjair menerima penghargaan dari Eksekutif Committee Indo Pasifik Fisheries Council pada tahun 1954 dan penghargaan dari pemerintah Indonesia diterima pada 17 Agustus 1951 dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia atas penemuannya menemukan ikan mujair.

Mbah Moedjair meninggal pada 7 september 1957 karena asma. Di nisan makam Mbah Moedjair, tertulis "Moedjair, penemu ikan mujair. (pulsk.com)

Editor: fitriadi
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved