Breaking News:

Kesehatan

Ingin Gigi yang Indah dan Rata tidak Tongos, Lakukan Perawatan Ini

Kebanyakan masalah susunan gigi yang ditemui adalah gigi tonggos. Banyak faktor yang bisa menyebabkan gigi tonggos.

Editor: Dedy Purwadi
http://kuherbal.com/
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Gigi indah dan rata membuat senyum tampak menawan. Namun tak semua orang memiliki susunan gigi-geligi seperti mentimun.

BACA : Wow, Kaca Mobil Retak atau Baret Kini Bisa Diatasi dengan 'Suntik'

Kebanyakan masalah susunan gigi yang ditemui adalah gigi tonggos. Banyak faktor yang bisa menyebabkan gigi tonggos.

Salah satunya adalah kebiasaan sejak kecil.

BACA : Hidung Bayi Ini Mirip Tokoh Kartun Legendaris Pinnokio

"Misalnya kebiasaan mengisap jari, terlalu lama minum susu pakai dot. Kalau pake dot itu ada efek menjulurkan lidah yang bisa terbawa hingga besar. Itu lama-kelamaan bisa mendorong bagian gigi menjadi tonggos," kata dokter Gigi Spesialis Ortodonti Dwi Anie Lestari dalam acara peluncuran Formula Orthodontic di Jakarta, Senin (14/12/2015).

Kebiasaan lainnya, antara lain suka menggigit pensil, kuku, sering bernapas melalui mulut, dan kebiasaan mangap atau membuka mulut. Bernapas melalui mulut, lanjut Dwi, sering kali dilakukan oleh anak yang sering sakit pilek.

"Dia hidungnya mampet, sulit bernapas, jadi kebiasaan napas lewat mulut. Mulutnya ternganga," kata Dwi.

BACA : Kenapa Penduduk Jepang Panjang Umur? Ini Rahasianya

Bisa juga karena ada gigi berlubang akibat kebiasaan makan manis dan tidak menggosok gigi dengan benar. Adanya gigi berlubang bisa membuat seseorang hanya mengunyah pada bagian gigi yang tidak berlubang. Akibatnya, susunan gigi bisa menjadi tidak simetris.

Di luar kebiasaan sejak kecil, bisa juga karena faktor keturunan. Anak bisa lahir dan tumbuh dengan bentuk rahang besar, atau gigi besar karena adanya faktor keturunan dari orangtua.

Dwi mengatakan, anak-anak sebaiknya sudah mengunjungi dokter gigi untuk dipantau pertumbuhan giginya. Jika mulai terlihat ada masalah, kebiasaan buruk tersebut harus dihentikan. Saat dewasa, gigi tonggos bisa diatasi dengan menggunakan kawat gigi. (Dian Maharani)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved