Desa Teletubbies Terunik di Dunia, Rumah-rumahnya Tahan Gempa

Perkampungan ini dikenal dengan kampung Teletubbies dan saat ini menjadi salah satu Desa Wisata di Sleman.

Tribun Jogja/Hamim Thohari
Suasana di Kampung Teletubbies, Sleman. 

BANGKAPOS.COM, SLEMAN - Apakah anda teringat dengan serial anak-anak Teletubbies yang menceritakan empat tokoh bernama Tinky Winky, Dipsy, Lala, dan Po?

Dalam serial yang sempat menjadi kegemaran anak-anak Indonesia tersebut, keempat tokoh berwarna merah, hijau, ungu dan kuning tersebut diceritakan tinggal di sebuah rumah berbentuk setengah lingkaran.

Rumah setengah lingkaran seperti itu tidak hanya ada di cerita fiksi anak-anak semata, tetapi benar-benar ada di wilayah Kabupaten Sleman dan saat ini sudah dikenal luas oleh masyarakat.

Pintu gerbang Kampung Teletubbies. (Tribun Jogja/Hamim)

Terletak di Dusun Nglepen Desa Sumberharjo Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta perkampungan unik ini dibangun pada tahun 2006.

Saat tiba di area perkampungan ini, anda akan disambut dengan deretan rumah setengah lingkaran atau yang sering disebut dome yang sebagian besar berwarna putih.

Karena rumah-rumah di sana mirip dengan rumah di serial Teletubbies, maka perkampungan ini dikenal dengan kampung Teletubbies dan saat ini menjadi salah satu Desa Wisata di Sleman.

Rumah-rumah tersebut dibangun setelah gempa hebat yang terjadi di Yogyakarta pada 2006 yang lalu.

Wilayah Nglepen adalah salah satu dearah paling parah terdampak gempa.

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved