Ingin Tahu Yellow Box Junction di Seputaran Lampu Merah Pangkalpinang? Ini Penjelasannya

Para pengguna jalan bisa maju jika kendaraan yang berada di dalam Yellow Box Junction sudah keluar.

Ingin Tahu Yellow Box Junction di Seputaran Lampu Merah Pangkalpinang?  Ini Penjelasannya
http://data.seruu.com/
Yellow Box Junction di depan lampu merah Sarinah Jl. MH. Thamrin Jakarta Pusat. 

BANGKAPOS.COM-Pasti Anda pernah melihat sebuah marka jalan berbentuk bujur sangkar ataupun persegi panjang berwarna kuning tergambar di atas aspal seperti di depan lampu merah simpang jalan Soekarna Hatta atau di depan lampu merah Jalan Jenderal Soedirman dan juga di kota Jakarta Pusat. Tidak sedikit para pengguna jalan heran apa fungsi marka tersebut, termasuk Anda bukan?

BACA : VIDEO: 7 Kreatifitas Memadukan Warna Busana dan Hijabers

Nah, sebagaimana dikutip dari akun Facebook resmi NTMC Korlantas POLRI, kotak bujur sangkar atau persegi panjang kuning tersebut dinamakan Yellow Box Junction atau YBJ. Yellow Box Junction berfungsi sebagai area steril dari kendaraan, dimana bertujuan untuk mencegah terjadinya kemacetan lalu lintas di salah satu jalur. Dengan adanya YBJ ini diharapkan kepadatan arus lalu lintas di persimpangan tidak stuck.

Aturan Yellow Box Junction seperti ini, meskipun lampu rambu-rambu lalu lintas menunjukkan warna hijau, para pengguna jalan yang belum memasuki area YBJ harus berhenti jika di dalam areal kotak kuning tersebut masih ada kendaraan lain.

Para pengguna jalan bisa maju jika kendaraan yang berada di dalam Yellow Box Junction sudah keluar. Yellow Box Junction sangat berguna di kawasan persimpangan jalan yang padat dan juga di jalan-jalan utama.

Bagi pengguna jalan yang tetap memaksakan kendaraannya memasuki area Yellow Box Junction, sementara di dalam kotak kuninh tersebut masih ada kendaraan lain, maka pengendara tersebut telah melanggar aturan lalu lintas dan akan ditilang.

BACA : Sering Unggah Foto Seksi, Keponakan Lady Diana akan Dihapus dari Pewaris Keluarga Spencer

Sebagaimana dijelaskan dalam UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan, pasal 287 (2) juncto Pasal 106 (4) huruf a, b berisi tentang rambu-rambu lalu lintas dan harus berhenti di belakang garis stop. Si pelanggar terancam kurungan dua bulan penjara atau denda Rp500 ribu.

Nah sekarang anda tauh kan? sudah saatnya untuk menerapkan disiplin berlalu lintas dalam diri Anda dan ikuti rambu-rambu Yellow Box Junction ini agar tidak ditilang atau bahkan dipenjara.

Editor: dedypurwadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved