Selang Tabung Gas Bocor, Dapur Hangus Terbakar

Api dengan cepat, langsung menyambar ke bagian pintu dapur yang terbuat dari triplek. Kebakaran diduga karena selang tabung gas elpiji bocor.

Selang Tabung Gas Bocor, Dapur Hangus Terbakar
Tribunnews.com
Ilustrasi kebakaran

BANGKAPOS.COM, BELITUNG -- Bambang (41), warga Jalan Air Ketekok, Desa Air Ketekok, Tanjungpandan keluarganya panik karena dapur rumah dilalap si jago merah, Selasa (29/12) sekitar Pkl 08.30 Wib.

Api dengan cepat, langsung menyambar ke bagian pintu dapur yang terbuat dari triplek. Kebakaran diduga karena selang tabung gas elpiji bocor.

Keluarga semakin panik karena si jago merah langsung menyambar bagian kulkas yang berjarak sekitar dua meter dari kompar gas tersebut.

"Langsung panik kami tadi, api langsung nyebar ke bagian atas dapur. Aku juga lari, langsung semprot pakai air," kisah Bambang, Selasa (29/12). Kondisi dapur rumah Bambang, memiliki lebar sekitar dua meter dan panjang sekitar lima meter.

Dapur ini secara keseluruhan berdindingkan beton dan sebagian dari rak dapur tersebut, terbuat dari papan serta triplek tebal. Di dapur juga tersimpan lima unit tabung gas elpiji berukuran 12 KG.

Gas itu, biasa dipergunakan oleh Bambang untuk keperluan memasak dagangan gorengan yang dijual oleh keluarganya.

"Kemungkinan ada selang yang bocor, jadi gas nya keluar dan langsung menyambar. Kami juga langsung keluarin gas yang ada di dalam, takutnya nanti meledak nyambar ke rumah lainnya. Tadi juga sudah masuk api nya kedalam rumah," ujarnya.

Sejumlah warga sekitar yang mengetahui kondisi kebakaran tersebut, sempat membantu memadamkan si jago merah.

Hasil olah TKP unit Identifikasi Satreskrim Polres Belitung, diduga api berasal dari selang kompor gas yang bocor.

"Sehingga api keluar bersamaan dengan gas itu, yang kemudian menyambar pintu dapur," kata Kapolres Belitung melalui Kasat Reskrim, AKP Chandra M Rohansyah kepada Babel News, Selasa (29/12).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran yang melenyapkan satu unit kulkas milik Bambang ini. Namun kerugian material yang di alami Bambang diperkirakan sekitar Rp 5 juta.

Butuh Waktu 10 Menit
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung, diterjunkan untuk memadamkan kobaran api di kediaman Bambang. Hanya butuh waktu sekitar 10 menit pertugas berhasil memadamkan api.

"Dua mobil tadi kami terjunkan, kemudian sekitar 10 menit api sudah berhasil di padamkan," ungkap Kasat Pol PP Pemkab Belitung, Alkar kepada Babel News, Selasa (29/12).

Peristiwa kebakaran yang terjadi di kediaman Bambang ini, kata Alkar, merupakan peristiwa rawan, mengingat kondisi dapur rumah tersebut menyimpan tabung gas elpiji dan kawasan padat penduduk.

"Maka dari itu, kami himbau kepada masyarakat meski musim hujan, tetapi harus tetap waspada, jangan sampai lalai. Kami minta, sebelum memasak, lebih baik selang kompor gas, dan kondisi gas diperiksa terlebih dahulu," pungkasnya. (N3)

Editor: Hendra
Sumber: babel news
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved