Inilah Sosok Calon Kapolri Versi Kompolnas

Isu soal siapa calon pengganti Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti sudah mulai berembus sejak akhir 2015.

Inilah Sosok Calon Kapolri Versi Kompolnas
KAHFI DIRGA CAHYA/KOMPAS.COM
Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Isu soal siapa calon pengganti Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti sudah mulai berembus sejak akhir 2015 meski Badrodin baru akan menjalani masa pensiun sebagai polisi aktif pada Juli 2016 mendatang.

Komisioner Kompolnas, Adrianus Meliala menuturkan bahasan soal calon kapolri mendatang sangatlah menarik. Sekitar bulan Maret atau April, Kompolnas menurutnya mulai bekerja melakukan seleksi para kandidat yang adalah jenderal bintang tiga tersebut.

"Ini menarik, kalau ditarik waktu Pak Badrodin akan pensiun pada Juli 2016. Biasanya dua bulan sebelumnya sudah diganti. Sehingga sekitar Maret atau April kami sudah bekerja seleksi dan wawancara," ungkap Adrianus, Senin (4/1/2016).

Ditanya soal sosok ideal Kapolri kedepan, menurut Adrianus sosok pimpinan institusi Polri ke depan masih belum terlalu berubah dari yang sebelumnya.

Sosok Kapolri kedepan haruslah seperti Badrodin yang diterima oleh kalangan manapun. Dan secara kemampuan juga mumpuni.

"Secara kemampuan harus oke, artinya telah menduduki jabatan terpenting di Polri, pernah menduduki jabatan Kapolda. Termasuk dari syarat pendidikan harus baik, Akpol, PTIK, Sespim harus selesai semua. Karena kalau tidak bisa jadi sasaran omongan," bebernya.

Dikatakan Adrianus, yang terpenting utamanya ialah kapolri kedepan harus punya waktu dan usia yang cukup, idealnya dua tahun setengah masa jabatan sebelum pensiun.

Sehingga kapolri yang baru bisa melakukan perubahan-perubahan dan melakukan pembenahan di tubuh internal Polri ke arah yang lebih baik.

"Kami harapkan kapolri kedepan punya waktu cukup, sekitar 2,5 tahun sebelum pensiun. Dengan asumsi dia punya waktu yang panjang juga untuk membenahi," tuturnya.

Adrianus menambahkan perlu diperhatikan juga kapolri kedepan wajib yang memiliki sepak terjang yang baik, dan berintegritas serta bermoral baik.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved