Jonru Minta Maaf Usai Ragukan Keaslian Foto Jokowi

Jonru minta maaf usai meragukan keaslian foto Presiden Joko Widodo di dermaga Pantai Waiwo Raja Ampat, Papua Barat.

Jonru Minta Maaf Usai Ragukan Keaslian Foto Jokowi
AGUS SUPARTO
Presiden RI, Joko Widodo saat menikmati matahari terbit di Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, Jumat (1/1/2015). 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Jon Riah Ukur Ginting alias Jonru minta maaf usai meragukan keaslian foto Presiden Joko Widodo di dermaga Pantai Waiwo Raja Ampat, Papua Barat.

Permintaan maaf aktivis media sosial sekaligus penulis buku tersebut disampaikan melalui akun jejaring sosial Facebook miliknya, Sabtu (2/1/2016).

"Saya minta maaf kepada teman2 sekalian jika ada kekhilafan dari pihak saya. Sebab saya hanya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan. Dan dari kesalahan, kita bisa belajar banyak hal. Termasuk belajar menganalisis keaslian foto," tulis Jonru dalam status Facebook-nya.

Tak hanya meminta maaf atas kekhilafannya, Jonru juga menyisipkan beberapa alasan dirinya mengakui keaslian foto Jokowi tersebut.

Berikut alasan yang ditulis Jonru:

Sesuai janji saya, foto Jokowi tentang Sunrise di Raja Ampat tadi telah saya hapus. Sebab dari hasil komentar sejumlah teman, saya mengambil kesimpulan:

1. Itu foto asli (terbukti dari beredarnya sejumlah foto lain di tempat yang sama dengan pose yang berbeda, dan tanpa efek apapun).

2. Foto yang terlihat seperti tempelan, mungkin karena efek pemakaian flash saat memotret.

3. Oleh desainer (bukan fotografer), foto itu diedit dengan Photoshop. Namun editannya BUKAN dalam bentuk montase (tempelan), melainkan editing berupa efek2 cahaya saja. Mungkin agar fotonya terlihat lebih jelas dan dramatis. Kalau editan yang seperti ini sih, tentu tidak ada masalah.

Seperti diketahui, sebelumnya, Jonru memang mengkritik foto Jokowi yang tengah duduk sambil 'sarungan' di dermaga.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved