Langkah Mudah Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Terhadap Penyakit

Beristirahat dan menghirup udara segar ampuh meningkatkan imun tubuh dari virus serta bakteri.

Langkah Mudah Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Terhadap Penyakit
huffingtonpost.com
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Anda yakin mengonsumsi suplemen dan vitamin sudah cukup memberi perlindungan terhadap penyakit?

Jika iya, Anda keliru. Sebab, ada banyak faktor yang membantu memproteksi diri Anda dari virus serta bakteri.

Terlebih, rutinitas harian kerap menuntut kita berada di luar atau dalam ruangan yang memudahkan sistem kekebalan tubuh menjadi rentan akan paparan kuman, bakteri dan virus.

Bahkan, langkah sederhana mencegah tubuh dari penyakit ini mudah dan murah dilakukan. Apa sajakah? Ini dia tipsnya.

Dijelaskan oleh Ather Ali, ND, MPH, asisten direktur Complementary/Alternative Medicine Research di Yale-Griffin Prevention Research Center, beristirahat dan menghirup udara segar ampuh meningkatkan imun tubuh dari virus serta bakteri.

“Berjalan di luar dapat meningkatkan sistem imun kita. Sel-sel neutrofil dan monosit juga mengalami peningkatan sehingga bisa mendongkrak sistem kekebalan tubuh,” ujar Ather.

Relaksasi ampuh melawan pilek
Bersantai juga perlu menjadi prioritas kita. Ketika stres hal itu akan meningkatkan kerentanan kita, seperti terserang pilek.

Relaksasi dalam jangka panjang dapat melepaskan hormon stres. Ketika kita kekurangan istirahat akan menghambat tubuh untuk menghasilkan sel sitokin (sel pada sistem kekebalan tubuh). Ketika merasa stres, Ali menyarankan agar kita mendapatkan tidur yang cukup, makan teratur, dan berolahraga.

Kebersihan tangan dan jari adalah utama
Flu dan pilek dapat menyebar dengan mudah melalui sentuhan. Jagalah jari-jari kita dari mata, hidung, dan mulut. Kita juga perlu memastikan untuk mencuci tangan dengan benar. Gunakan sabun untuk memaksimalkan tangan yang bersih dari kuman. Tapi kita juga perlu berhati-hati, karena kuman juga dapat tumbuh pada sabun. Sebaiknya gunakanlah sabun cair yang dilengkapi dengan pompa pada tempatnya. Alangkah lebih bila kita menggunakan sabun antibakteri. Kita juga perlu mengeringkan tangan setelah mencucinya.

Menurut Dana Simpler, MD, a primary care physician pada Mercy Medical Center di Baltimore, tangan yang lembap jauh lebih memungkinkan untuk menyebarkan bakteri.

Jaga kualitas tidur
Kita tidak perlu khawatir jika sesekali merasa gelisah di malam hari. Tapi jika hal ini terjadi secara terus-menerus dan menyebabkan waktu tidur yang berkurang, tentu akan menyebabkan masalah baru. Seperti mempengaruhi sistem kekebalan tubuh kita.

Para ahli memang sering mengatakan kebutuhan tidur setiap orang bervariasi. Tapi menurut studi di Cernegie Mellon, tidur kurang dari tujuh jam dapat meningkatkan tiga kali lipat untuk terserang pilek. (intisari-online)

Editor: fitriadi
Sumber: Tabloidnova.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved