Pemkab Bangka Siapkan Rp 4 M untuk Kebun Singkong Rakyat

Bupati Bangka H Tarmizi Saat menilai minat masyarakat menanam ubi cassesa sangat tinggi. Apalagi Pemkab Bangka mencanangkan

Pemkab Bangka Siapkan Rp 4 M untuk Kebun Singkong Rakyat
Bangka Pos / Nurhayati
Bupati Bangka H Tarmizi Saat bersama Wakil Gubernur Bangka Hidayat Arsani, ketika meninjau pabrik tapioka di PT Bangka Mandiri Abadi di Desa Cit pada tanggal 2 Maret 2015 lalu. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Bupati Bangka H Tarmizi Saat menilai minat masyarakat menanam ubi cassesa sangat tinggi. Apalagi Pemkab Bangka mencanangkan Kebun Singkong Rakyat (KSR) yang sudah disiapkan dananya sekitar Rp 4 milyar.

"Minat masyarakat menanam ubi cassesa ini luar biasa. Oleh sebab itu pemerintah daerah melaksanakan dua hal, pertama memfasilitasi dan penyuluhan. Kedua mempercepat pendirian pabrik," kata Tarmizi kepada bangkapos.com, Jumat (29/1/2016)

Diakuinya keberadaan pabrik tapioka yang ada belum bisa memenuhi apa yang diharapkan petani.

Dengan keberadaan pabrik tapioka yang baru harga ubi cassesa diharapkan bisa naik.

Untuk pabrik tapioka yang di Kelurahan Kenanga akan beroperasi pada Bulan Agustus dan di Puding pada bulan Desember 2016.

Ia menilai untuk penanaman ubi cassesa ini manfaat yang didapat masyarakat secara bertahap. Menurut Tarmizi sudah banyak petani yang merasakan manfaatnya. Untuk itu infrastruktur, sarana dan prasarana, fasilitas termasuk pabrik hingga traktor akan disiapkan Pemkab Bangka.

"Saya rasa dalam waktu enam bulan ke depan, sudah kelihatan hasilnya," kata Tarmizi.

Dia menilai penanaman ubi cassesa ini sebagai alternatif jangka panjang pasca tambang yang bisa dilakukan petani dan biaya rendah.

Selain itu juga Pemkab Bangka akan memanfaatkan lahan kritis dimana ada investor dari Singapura, Thailand, Amerika dan Malaysia untuk menanam bambu di lahan kritis.

"Mereka akan datang kesini. Kita menanam 32 hektar untuk bahan palet bahan bakar," kata Tarmizi.

Penulis: nurhayati
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved