Breaking News:

Tips Bagaimana untuk Mendeteksi Oli yang tidak Berkualitas

Ketika menggunakan oli untuk mobil maupun motor, sebaiknya memang mengikuti rekomendasi dari pabrik pembuat kendaraan,...

Editor: Dedy Purwadi
http://cdn.rimanews.com
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM-Keberadaan oli atau pelumas di dalam kendaraan sangatlah krusial. Namun, jangan pula menggunakan sembarang oli untuk mengawal kerja mesin kendaraan, karena akan merugikan nantinya.

BACA : Kopi Vietnam Diburu Orang Gara-gara Kasus Mirna

Ichsan Ady Permana, Instructure Technical Training Center Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, ada satu cara bagaimana mengetahui apakah oli yang digunakan berkualitas atau tidak. Salah satunya yaitu dengan melihat warna oli ketika dikeluarkan dari mesin.

“Jadi hanya melihat warnanya bisa diketahui kualitasnya. Maka dari itu perhatikan baik-baik saat mobil diservis, lihat apakah warna oli kotor atau tidak. Karena memang seharusnya oli yang sudah menetap lama di dalam mesin kemudian dikeluarkan, harus berwarna hitam atau kotor.

Hal itu karena salah satu fungsi oli yaitu mengikis kotoran-kotoran yang menempel di dalam mesin. ” ujar Ichsan.

Ichsan melanjutkan, jika warnanya kehitaman dan kotor ketika dikeluarkan dari mesin, oli tersebut benar-benar bekerja membersihkan kotoran di dalam mesin.

BACA : Lihat Perut Eva Celia Lagi Berlatih Yoga Bikin Gemes Aja

Sementara ketika oli dikeluarkan dari mesin dan warnanya terlihat tidak menghitam atau seperti saat pertama membeli, maka kemungkinan oli tidak menjalankan tugas dengan baik.

“Itu merupakan salah satu jurus yang bisa diaplikasikan pada masing-masing kendaraan. Ketika menggunakan oli untuk mobil maupun motor, sebaiknya memang mengikuti rekomendasi dari pabrik pembuat kendaraan,” ucap Ichsan. (*)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved