UBB Bentuk Juri Menjaring Mahasiswa Pintar

Untuk menyukseskan langkah menjaring ‘jawara’ Matematika dan Mipa, UBB telah membentuk panitia dan juri dari dosen UBB sendiri.

UBB Bentuk Juri Menjaring Mahasiswa Pintar
IST
Ilustrasi

Laporan Wartawan Bangkapos.com, Dodi H

BANGKAPOS.COM, BANGKA, -- Untuk menyukseskan langkah menjaring ‘jawara’ Matematika dan Mipa, UBB telah membentuk panitia dan juri dari dosen UBB sendiri.

Para juri ini nanti tugasnya menjaring 12 mahasiswanya yang terjago di bidang matematika, kimia, fisika dan biologi.

“Mereka bekerja keras, sebab usai seleksi ON MIPA-PT pada tanggal 25 Pebruari, hari itu juga diperoleh 12 nama untuk kembali dipilih empat orang terbaik di bidangnya,” ujar Kuncoro, Sekretaris ON MIPA-PT UBB, di dampingi Humas UBB Eddy Jajang JA, di Kampus Terpadu UBB, Balunijuk, Jumat (19/02/2016) siang.

Meski Indonesia kerap membuat kejutan dengan meraih banyak penghargaan tertinggi di bidang matematika dan sains, namun secara umum dinilai kualitas pendidikan di bidang matematika dan mipa masih jauh tertinggal, atau tergolong rendah.

“Sayangnya kualitas pendidikan kita di bidang ini tergolong rendah, seperti dilaporkan oleh lembaga terkait yang melakukan studi atau asesmen, misalnya ‘Trends in International Mathematics and Science Study, TIMSS, atau Program for International Student Assessment, atau PISA,” ujar Kuncoro.

Oleh karena itulah, lanjutnya, Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti menyelenggarakan ON MIPA-PT dengan bidang Matematika, Kimia, Fisika dan Biologi, yang mulai dirintis pada tahun 2009. Even adu otak ini digelar tiap tahun.

“Ini semua bagian untuk mempersiapkan mahasiswa dalam penguasaan ilmu dasar dan Matematika . Tujuan akhirnya ialah mendorong daya saing bangsa,” tukas Kuncoro.

ON MIPA-PT diiikuti semua perguruan tinggi di seluruh Indonesia, digelar dalam tiga tahap. Tahap I dilakukan di perguruan tinggi, tahap II di tingkat wilayah dan tahap III yaitu di tingkat nasional.

Tapi bagaimana cara menjadi peserta ON MIPA-PT?

Yang jelas tentu ia (mahasiswa-red) program Strata Satu (S1) perguruan tinggi di lingkungan Kemenristekdikti. Maksimal semester delapan (8) dan terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) http://forlap.dikti.go.id.

“Mahasiswa berasal dari bidang ilmu MIPA atau relevan, dan belum lulus hingga 31 Agsutus pada tahun pelaksanaan seleksi,” tukas Kuncoro.

Syarat lainnya, mahasiswa bersangkutan belum pernah mendapatkan medali emas atau juara I masing-masing dalam ON MIPA-PT atau Olimpiade Sains Nasional (OSN)-Pertamina.

“Calon peserta ON MIPA-PT tentu harus mendaftarkan diri ke laman http://mahasiswa.ubb.ac.id,” ujarnya. (*).

Penulis: Dody
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved