Rustamsyah Ajak Masyarakat Pungut Sampah dengan Tangan Sendiri

Wakil Bupati Bangka Rustamsyah mengajak seluruh elemen masyarakat membersihkan lingkungan dengan kesadaran sendiri

Rustamsyah Ajak Masyarakat Pungut Sampah dengan Tangan Sendiri
IST
Wakil Bupati Bangka Rustamsyah menyampaikan sambutan saat gerakan peduli sampah pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2016 tingkat Kabupaten Bangka, Minggu ( 21/2/2016) di Taman Persahabatan, Perumahan Taman Pesona Sungailiat.

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Wakil Bupati Bangka Rustamsyah mengajak seluruh elemen masyarakat membersihkan lingkungan dengan kesadaran sendiri dan memungut sampah di lingkungannya.

Ajakan ini diawali dengan penandatanganan kain aksi gerakan peduli sampah pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2016 tingkat kabupaten Bangka Minggu ( 21/2/2016) di Taman Persahabatan, Perumahan Taman Pesona Sungailiat.

Penandatanganan juga diikuti Kepala SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Bangka, anggota TNI, aktifis lingkungan, pelajar, mahasiswa, organisasi profesi dan masyarakat.

"Biasakan diri memungut sampah dengan tangan sendiri merupakan kebiasaan yang positif," ajak Rustamsyah melalui rilis yang dikirimkan Humas PDE dan Santel Setda Bangka kepada bangkapoa.com.

Menurutnya, gerakan memungut sampah perlu dilakukan, dan membiasakan memungut sendiri dapat ditanamkan sejak usia disini, khususnya di lingkungan sekolah.

"Para siswa bisa memulainya dengan mengajak para guru setiap hari memungut sampah dilingkungan sekolah," pesan Rustamsyah.

Diharapkan melalui Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2016 dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan.

Sementara itu Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) kabupaten Bangka Asep Setiawan mengatakan, peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2016 tingkat Kabupaten Bangka sudah dimulai dengan gerakan mutik sampah Jumat (19/2/2016) lalu.

"Melalui mutik sampah dengan menggunakan tangan dapat menyadarkan masyarakat betapa pentingnya kebersihan dan dapat memanfaatkan sampah sebagai benda bermanfaat," kata Asep.

Ia mengharapkan kegiatan pengumpulan sampah yang dilakukan masyarakat yang peduli terhadap keindahan, khususnya kota Sungailiat dapat diteruskan dan menjadi suatu kebiasaan.

Diakuinya, Kota Sungailiat sudah ada petugas kebersihan, namun masih membutuhkan dukungan masyarakat agar dapat mengumpulkan dan memanfaatkan sampah organik dan anorganik.

"Sampah yang sudah dipilah akan dapat mudah diproses dan memiliki nilai tambah," jelas Asep.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Bangka Rustamsyah didampingi kepala SKPD meninjau dan mencoba penggunaan mesih pengolah sampah di Bank Sampah Lestari "Becak" yang berada di dekat Taman Persahabatan Perumahan Taman Pesona Sungailiat.

Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2016 di Kabupaten Bangka yang diperingati serentak di 23 kota di Indonesia, dilanjutkan aksi memungut sampah di lingkungan perumahan Taman Pesona Bangka dan RSS yang dilepas Wakil Bupati Bangka Rustamsyah, diikuti aktifis lingkungan, anggota TNI Senapan B Sungailiat, pelajar, mahasiswa dan para dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia serta masyarakat.

Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved