UBB Peringkat 770 Dari 3.320 Perguruan Tinggi di Indonesia

Universitas Bangka Belitung (UBB) berada di peringkat 770 di antara 3.320 perguruan tinggi (PT) se Indonesia.

UBB Peringkat 770 Dari 3.320 Perguruan Tinggi di Indonesia
IST
Eddy Jajang Jaya Atmaja 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Ryan A Prakasa

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Universitas Bangka Belitung (UBB) berada di peringkat 770 di antara 3.320 perguruan tinggi (PT) se Indonesia.

Posisi UBB ini lebih baik ketimbang perguruan tinggi negeri baru (PTNB) lainnya.

Berdasarkan SK Menristek No 492.a/M/Kp/viii/2015 yang ditandatangani Kemenristekdikti Mohamad Nasir tanggal 14 Agustus 2015, Kemenristek memeringkat semua PT, baik negeri maupun swasta, di seluruh Indonesia.

Pemeringkatan ini berdasarkan empat kriteria. Yaitu, (1) kualitas sumberdaya manusia, (2) kualitas manajemen, (3) kualitas kegiatan mahasiswa, dan (4) kulitas penelitian dan publikasi.

“Meski UBB berada di peringkat 770, namun di antara PTNB lainnya, UBB yang berada di klaster empat, peringkatnya masih lebih baik,” ujar Eddy Jajang J Atmaja, Kepala UPT Kerjasama, Humas dan Penerbitan UBB, Senin (22/02/2016) siang.

Berdasarkan daftar peringkat yang diumumkan Menristek, Universitas Sriwijaya berada di peringkat 23, Universitas Bengkulu 37, Universitas Lampung 22, Universitas Andalas 12, Universitas Syahkuala (Aceh) 61 dan Universitas Sumatera Utara di peringkat 38.

UBB yang baru menjadi universitas ‘plat merah’ pada tahun 2010, termasuk di antara 35 perguruan tinggi negeri baru (PTNB). UBB sebelum ini berstatus swasta, didirikan oleh Yayasan Pendidikan Bangka Belitung pada tahun 2006.

Sebagai PTNB, selain UBB juga ada Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas 19 November Kolaka, Universitas Sulawesi Barat dan Universitas Tidar.

Berdasarkan daftar pemeringkatan Menristek, UBB berada di peringkat 770, Universitas Maritim Raja Ali Haji peringkat 1.471, Universitas 19 November Kolaka peringkat 2.544, peringkat Universitas Sulawesi Barat 1.966 dan Universitas Tidar peringkat 840.

Kendati demikian, lanjut eja -- panggilan akrab Eddy Jajang -- UBB akan bekerja keras untuk meningkatkan peringkatnya. Itu semua dilakukan melalui upaya meningkatkan empat komponen penilaian yang menjadi acuan Kemenristekdikti.

“Sebagai contoh, dosen UBB kini banyak yang sedang menempuh pendidikan stratum III, doktoral, baik di dalam maupun di luar negeri,” ujar Eddy Jajang.

Tak cuma itu, UBB telah menargetkan diri menjadi universitas riset pada tahun 2035.

“Tapi jauh sebelum menjadi universitas riset, semua dosen telah dilibatkan dalam banyak penelitian. Baik untuk ilmu dasar maupun terapan. Maka kita optimistis nantinya UBB menjadi yang terbaik,” ujar Eddy Jajang.

Penulis: ryan augusta
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved