Hadiri Cap Go Meh, Erzaldi Membaur dengan Warga

Kehadiran Erzaldi ke acara Cap Go Meh tersebut menandakan bahwa suami Melati Erzaldi ini sangat menghargai pluralitas.

Bangka Pos / Riski Yuliandri
Bupati Bangka Tengah Erzaldi Rosman, menghadiri acara Cap Go Meh di Pasir Putih Pangkalpinang, Senin (22/2/2016) malam. 

Laporan Wartawan Bangkapos.com, Risky

BANGKAPOS.COM, BANGKA, -- Bupati Bangka Tengah, Erzaldi Rosman, menghadiri acara Cap Go Meh di Pasir Putih Pangkalpinang. Setibanya di acara, orang nomor satu di Bangka Tengah itu langsung membaur dengan warga.

Kehadiran Erzaldi ke acara Cap Go Meh tersebut menandakan bahwa suami Melati Erzaldi ini sangat menghargai pluralitas. Ia membaur dengan semua masyarakat, etnis dan suku mana pun.

“Saya senang malam ini bisa membaur dengan warga dari beragam etnis dan suku,” kata Erzaldi di sela-sela bercakap-cakap dengan warga, Senin (22/2) malam.

Sebagai pejabat publik, kehadiran Erzaldi dalam acara Cap Go Meh merupakan keharusan. Putra mantan Walikota Pangkalpinang itu selama ini memang dikenal rajin turun ke lapangan dan bersilaturahim ke berbagai warga.

“Sebagai abdi negara, saya memang sudah seharusnya membaur dengan warga. Dengan membaur dengan warga, saya dapat dengan mudah menyerap segala aspirasi (keingingan) warga. Ini memang sudah menjadi tugas saya,” jelasnya.

Cap Go Meh merupakan budaya warga Tionghoa yang diperingati setiap tahunnya. Cap Go Meh melambangkan hari ke-15 dan hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek bagi komunitas Tionghoa di seluruh dunia.

“Cap Go Meh ini diperingati setiap tahun,” terang Erzaldi Rosman.

Jika melilik sejarah, istilah Cap Go Meh ini sebenarnya berasal dari dialek Hokkien dan secara harafiah berarti hari kelima belas dari bulan pertama (Cap = Sepuluh, Go = Lima, Meh = Malam).

Ini berarti, masa perayaan Tahun Baru Imlek berlangsung selama lima belas hari.

Halaman
12
Penulis: tidakada020
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved