2017, Pemkab Bangka Programkan KTP Anak

Pemkab Bangka akan memprogramkan KTP bagi anak-anak kelahiran Indonesia berusia mulai 0-17 tahun pada tahun 2017.

2017, Pemkab Bangka Programkan KTP Anak
IST
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bangka Rahmat Gunawan 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pemkab Bangka akan memprogramkan kartu tanda penduduk (KTP) bagi anak-anak kelahiran Indonesia berusia mulai 0-17 tahun pada tahun 2017.

“ Program KTP anak atau kartu identitas anak (KIA) mulai diberlakukan pada tahun 2016 ini, “ ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bangka Rahmat Gunawan pada kegiatan coffe morning kemarin.

Menurutnya, untuk tahun 2016 ini, Pemkab Bangka belum mendapatkan bagian dalam program tersebut.

“2016 ini, baru 50 Kabupaten/Kota yang didanai Pusat sebagai daerah percontohannya,namun bukan tidak mungkin nanti Pemkab Bangka dengan pengganggaran sendiri melalui APBD, kita anggarkan hal tersebut untuk tahun 2017 nanti, kalau kita mau mendahului jatah dari Pusat,” jelasnya

Dikatakannya, digulirkannya program KTP anak merupakan bentuk pemenuhan hak konstitusional anak, sekaligus bisa dimanfaatkan untuk mengurus sejumlah keperluan sendirinya, seperti pengurusan daftar sekolah, menabung di bank, mendaftar Puskesmas dan lainnya.

“ Namun KTP anak ini, fungsi tidak seperti KTP-elektronik, tidak bisa dipergunakan untuk membuat SIM (Surat Izin Mengemudi) ataupun yang sejenisnya,” ujarnya.

Ditambahkannya, bentuk KTP anak masih biasa, belum KTP elektronik. Nanti setelah usia 18 tahun ke atas, baru wajib perekaman.

Di KTP-nya tertera nama, alamat, nama orang tua, nomor kartu penduduk, dan sejumlah identitas.diri.lainnya.

Penulis: edwardi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved