Video Dokumenter Banjir Bangka Sedot Perhatian Pengunjung Taman Merdeka

Pemutaran video dokumenter musibah banjir di Pulau Bangka menyedot perhatian tamu undangan dan pengunjung di Taman Merdeka Pangkalpinang.

Video Dokumenter Banjir Bangka Sedot Perhatian Pengunjung Taman Merdeka
Bangkapos.com/Alza Munzi Hipni
Perwakilan badan publik berfoto bersama usai menandatangani kesepakatan keterbukaan informasi publik dalam acara malam puncak HPN Babel di Taman Merdeka Pangkalpinang, Sabtu (27/2/2016) malam.

Laporan Wartawan Bangka Pos, Alza Munzi

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pemutaran video dokumenter musibah banjir di Pulau Bangka, Senin (8/2/2016) lalu, menyedot perhatian tamu undangan dan pengunjung di Alun-alun Taman Merdeka (ATM) Pangkalpinang, Sabtu (27/2/2016) malam.

Panitia Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Babel 2016, sengaja menampilkan gambar-gambar dan potongan rekaman hasil liputan banjir di Bangka, terutama Kota Pangkalpinang.

Ternyata, film berdurasi 15 menit tersebut membuat penonton terdiam beberapa saat. Pasalnya, tidak banyak masyarakat termasuk wartawan, yang melihat secara langsung air merendam ribuan rumah di Bangka.

Tampak dalam film, nyaris setengah Kota Pangkalpinang lumpuh. Air setinggi atap, mobil terendam, proses evakuasi, korban banjir menyantap makanan, jembatan dan jalan putus di Bangka Tengah dan kesibukan di rumah dinas Wali Kota Pangkalpinang menjadi pemandangan yang menyentuh empati.

Wali Kota Pangkalpinang Irwansyah yang hadir dalam malam puncak HPN Babel 2016, terlihat menyandarkan kepalanya di bantalan belakang kursi.

Tangan kanannya mengusap-usap dahi sambil matanya terus terpaku ke arah layar proyektor, yang berisi tayangan banjir seolah merendam apa saja di berbagai sudut kota yang dipimpinnya.

Namun, tidak lama kemudian dia sedikit tersenyum. Sikap duduknya berubah dan kepalanya lebih tegak. Di layar, tampak semangat para tim evakuasi, pejabat, TNI, Polri, dan masyarakat bahu membahu membantu korban banjir.

Hanya dalam waktu beberapa hari, warga kembali bersemangat. Rumah, toko, jalan-jalan, perabotan mulai dibersihkan. Posko bantuan banjir terus menyalurkan bantuan untuk korban banjir.

"Semangat. Itu yang ingin kami sajikan dalam HPN kali ini. Kita tidak boleh terlalu bersedih. Ini momen kebersamaan dan sekaligus menjadi pelajaran bagi kita semua," kata Ketua Panitia HPN Babel 2016 Andre Asmara, Minggu (28/2/2016).

Humas HPN Babel 2016 Alza Munzi menjelaskan, pelaksanaan acara dibuat sederhana namun tetap meriah dengan menampilkan sisi hiburan, penghargaan dan sosial serta instropeksi diri.

Menurutnya, semua pihak banyak terlibat dalam kegiatan tersebut. Apresiasi diberikan kepada TVRI Babel, Biro Umum dan Perlengkapan dan Diskominfo Babel yang membantu dalam perlengkapan, peralatan siar, penyiaran dan dokumentasi.

"Serta kawan-kawan lain yang berperan dengan tugas dan kemampuan masing-masing. Pemberian penghargaan tokoh inspiratif, komitmen keterbukaan informasi publik, penghargaan badan publik peduli bencana serta santunan anak yatim serta siswa berprestasi dari PT Timah berjalan lancar," ungkapnya.

Penulis: Alza Munzi
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved