9.790 Anak di Pangkalpinang Sudah Pegang Karti Identitas

Armada dengan adanya KIA tujuannya untuk peningkatan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik untuk mewujudkan hak-hak anak.

9.790 Anak di Pangkalpinang Sudah Pegang Karti Identitas
Bangka Pos / Zulkodri
Kartu Identitas Anak Kota Pangkalpinang, tampak depan. Rencananya kartu ini, akan diganti lebih lengkap dan bewarna Pink.

Laporan Wartawan Bangka Pos, Zulkodri

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Hingga 13 Februari, 2016 Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pangkalpinang, telah mengeluarkan sebanyak 9.790 lembar Kartu Identitas Anak (KIA).

"Dari 2014 sampai dengan 13 Februari 2016 kita sudah mengeluarkan kartu identitas anak sebanyak 9.790, di 2014 sebanyak 4040 lembar, di tahun 2015 ada 5230 lembar dan di 2016 baru 520 lembar," ujar kepala Disdukcapil Kota Pangkalpinang, Armada ketika ditemui dikantornya, Senin (29/02/2016).

Dikatakan, Armada dengan adanya KIA tujuannya untuk peningkatan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik untuk mewujudkan hak-hak anak.

"Dengan adanya, KIA ini, salah satunya semakin mendorong Kota Layak anak, terutama perlindungan hak-hak anak, serta pelayanan publik misalnya buka tabungan cukup Pakai KIA, bikin paspor juga cukup pakai KIA, dan pelayanan publik lainnya," jelas Armada.

Dikatakan Armada Kartu Identitas Anak ini, menurutnya awalnya hanya ada di Tiga Kota saja yakni di Kota Solo, Gorontalo dan Pangkalpinang, kemudian baru, diikuti sejumlah kota lainnya.

Kartu identitas anak ini, namanya juga berbeda-beda. Berdasarkan itulah Kemendagri akhirnya berinisiatif, meseragamkan menjadi Kartu Identitas anak.

"Seperti di Jogja namanya kartu insentif anak, di Makasar, Namanya Kartu Anak Makasar. Untuk di Pangkalpinang, KIA yang dikelurakan bewarna hijau, kedepan, bentuknya akan berbeda, mulai dari warna, akan berubah warnanya agak pink, serta dilengkapi Quick response (QR) code. Selain itu dimana, jumlah lapisan pada kartu identitas anak ini, ada delapan lapisan mulai dari overplay, basic print A, PAD, CORE, PAD, Basic Print B dan Overplay.," jelas Armada.(Zky)

Penulis: zulkodri
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved