Breaking News:

Produk Kuliner dan Kerajinan Bisa Bersaing Hingga ASEAN

Kepala Disperindagkop Kota Pangkalpinang, Romli Zarkasih, mengakui, keberadaan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sangat berdampak positif

Penulis: M Zulkodri | Editor: Hendra
Produk Kuliner dan Kerajinan Bisa Bersaing Hingga ASEAN
Bangka Pos / Zulkodri
Kepala Disperindagkop dan UMKM Kota Pangkalpinang, Romli Zarkasih

Laporan wartawan Bangka Pos, Zulkodri

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Kepala Disperindagkop Kota Pangkalpinang, Romli Zarkasih, mengakui, keberadaan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sangat berdampak positif bagi pelaku UMKM di Kota Pangkalpinang, terutama dalam hal kemasan produk lokal yang semakin bagus dan cantik.

"Dengan menghadapi MEA ini, para pelaku usaha UMKM, sekarang ini, mulai berbenah mulai dari sebelumnya kemasan produk biasa saja, sekarang terlihat semakin cantik dan bagus, termasuk juga mengenai sertifikasi dan hal lainnya," ujarnya kepada bangkapos.com, Kamis (03/03/2016).

Dalam menghadapi MEA diakui Romli, Pemerintah Kota Pangkalpinang, melalui Disperindagkop terus melakukan sosialisasi dan pedampingan kepada para pelaku UMKM.

Untuk tahun ini saja (2016) pihaknya sudah dua kali melakukan sosialisasi, dan pendampingan.

"Sejauh ini, kita terus memberikan sosialisasi dan pedampingan, terutama membantu mengenai Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui Lembaga Penyedia Dana Bergulir (LPDB), tahun ini, sudah dianggarkan sebesar 5,3 Miliar dari PT Timah dan PT Telkom," ucapnya.

Menurut Romli, produk UMKM di Pangkalpinang, khususnya produk kuliner, dan kerajinan bisa bersaing hingga sampai tingkat Asean.

Hanya saja diakui memang masih ada beberapa kendala, seperti Getas, dan produk olahan ikan lainnya.

"Kalau kuliner, sudah bisa bersaing, seperti getas, kerupuk, rasanya memang punya kita lebih enak, hanya saja untuk ekspor, masih terbatas jumlah produksi. Sedangkan untuk kerajinan, harganya masih relatif mahal untuk ukuran lokal, ini, disebabkan keterbatasan bahan baku yang harus dibeli dari luar daerah," ucap Romli.

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved