Ini Dia Manfaat Hutan Versi Gubernur Babel Rustam Effendi

Pembangunan kehutanan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional yang tidak terpisahkan

Ini Dia Manfaat Hutan Versi Gubernur Babel Rustam Effendi
Istimewa
Gubernur Bangka Belitung H Rustam Effendi, saat menghadiri acara sosialisasi pemenuhan kewajiban bagi pemegang izin pinjaman pakai kawasan hutan tahun 2016, di Hotel BW Suite, Tanjung Pandan Kabupaten Belitung, Kamis (10/3/2016).

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dodi Hendriyanto

BANGKAPoS.COM, BANGKA -- Pembangunan kehutanan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional yang tidak terpisahkan, sehingga harus selaras dengan dinamika pembangunan.

Hutan sebagai salah satu penentuan sistem penyangga kehidupan, keberadaannya harus dipertahankan secara optimal dengan luasan yang cukup dan dijaga agar daya dukungnya tetap lestari.

"Penggunaan kawasan hutan merupakan penggunaan atas sebagian kawasan hutan untuk kepentingan pembangunan diluar kegiatan kehutanan tanpa mengubah fungsi. Termasuk peruntukan kawasan hutan untuk kegiatan prioritas yang mempunyai tujuan strategis dan mempunyai pengaruh yang sangat penting secara nasional terhadap kedaulatan negara, pertahanan, keamanan negara, pertumbuhan ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan," ungkap Gubernur Bangka Belitung H Rustam Effendi saat menghadiri acara sosialisasi pemenuhan kewajiban bagi pemegang izin pinjaman pakai kawasan hutan tahun 2016, di Hotel BW Suite, Tanjungpandan Kabupaten Belitung, Kamis (10/3/2016).

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri Kepala Dinas Kehutanan Babel, Ir Nazalyus MSi dan para pengusaha peminjam pakai kawasan hutan se-Provinsi Babel.

Gubernur Rustam menjelaskan pemenuhan seluruh kewajiban-kewajiban sebagaimana tercantum dalam izin penggunaan kawasan hutan merupakan hal yang mutlak serta wajib dipenuhi dan ditaati oleh pemegang izin sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Penyelenggara kehutanan yang bertujuan untuk sebesar-besar bagi kemakmuran rakyat, berkeadilan dan berkelanjutan serta berbasis ekosistem dapat kita lakukan secara nyata dengan menjamin keberadaan hutan dengan luasan yang cukup dan sebaran yang proporsional," ujarnya.

Lebih lanjut Gubernur Rustam mengatakan, agar dapat mengoptimalkan aneka fungsi hutan yang meliputi fungsi konservasi, fungsi lindung dan fungsi produksi untuk mencapai manfaat lingkungan, sosial, budaya dan ekonomi yang seimbang dan lestari.

"Meningkatkan daya dukung daerah aliran sungai, meningkatkan kemampuan untuk mengembangkan kapasitas dan pemberdayaan masyarakat secara partisipatif, berkualitas dan berwawasan lingkungan sehingga mampu menciptakan ketahanan sosial dan ekonomi serta dapat menjamin distribusi pemanfaatan dan penggunaan kawasan hutan yang berkeadilan dan berkelanjutan," ungkap Gubernur Rustam dalam release yang diterima bangkapos, Kamis (10/3/2016) petang.

Gubernur Rustam berharap, pada akhirnya sektor kehutanan dapat memberikan kontribusi pembangunan pada perwujudan visi dan misi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2012 -2017.

Penulis: Dody
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved