Breaking News:

BPTP Babel Kenalkan Teknologi Baru Tingkatkan Produksi Padi

Balai Penelitian Tanaman Pangan Provinsi Babel memperkenalkan teknologi varietas unggul baru untuk meningkatkan produktivitas padi

Bangkapos.com/Riki Pratama
Balai Penelitian Tanaman Pangan (BPTP) Provinsi Bangka Belitung memperkenalkan teknologi varietas unggul baru untuk meningkatkan produktivitas padi di Desa Batu Betumpang, Kecamatan Pulau Besar, Kabupaten Bangka Selatan, Rabu (16/3/2016). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riki Pratama

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Balai Penelitian Tanaman Pangan (BPTP) Provinsi Bangka Belitung memperkenalkan teknologi varietas unggul baru untuk meningkatkan produktivitas padi.

Upaya ini dalam rangka mendukung program ketahanan pangan di Provinsi Kepulauan Babel.

Sosialisasi dilaksanakan di Desa Batu Betumpang, Kecamatan Pulau Besar, Kabupaten Bangka Selatan, Rabu (16/3/2016).

Kepala BPTP Provinsi Babel Rubiyo dalam sambutannya memaparkan, dengan teknologi ini, dari luas lahan padi yang dipanen 1.150 hektar, rata rata per hektar menghasilkan empat ton padi.

Sedangkan pembibitan padi seluas 35 hektar dari total luas lahan 40 hektar. Padi yang ditanam dari berbagai vaietas di antaranya, ciherang, ciliwung, Inpakgo, Infari, dan faritas lokal anpai dan padi Raden.

"Kalau kita mandiri kita tidak akan kesulitan untuk memperoleh benih. Kami siap mendukung menyiapkan benih di Babel. Permasalahan sekarang mengenai irigasi dan ketersedian air yang belum terpenuhi, termasuk masalah listrik yang ada di Batu Betumpang sebagai penunjang untuk bekerja dengan baik," kata Rubiyo.

Hadir pada sosialisasi ini, Gubernur Babel Rustam Effendi, Bupati Bangka Selatan Justiar Noer, dan Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI, Mey Rohayat.

Penulis: Riki Pratama
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved