Mendaftar Haji Sekarang Tak Ribet Lagi Cuma 2 Tahap Ini

Kementerian Agama akan memangkas separo proses tahapan pendaftaran haji sehingga menjadi lebih mudah.

Mendaftar Haji Sekarang Tak Ribet Lagi Cuma 2 Tahap Ini
Bangkapos.com/dok
Jamaah haji Pangkalpinang dan Bangka Tengah langsung diserbu penjemput saat tiba di Kanwil Kemenag Babel, Minggu (11/10/2015). 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Bagi umat Islam yang ingin menunaikan ibadah haji, prosesnya bakal tidak ribet lagi.

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) akan memangkas separo proses tahapan pendaftaran haji.

Dikutip dari situs resmi Kemenag RI, Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama telah memangkas proses pendaftaran menjadi hanya dua tahap dari sebelumnya sampai empat tahap.

“Tahun ini pendaftaran hanya dua tahap. Semula dilakukan sebanyak empat tahap. Ini memangkas waktu dan biaya serta lebih mempermudah bagi calon jamaah. Ini hadir karena adanya inisiasi,” kata Djamil saat memberikan sambutan pada kegiatan Peningkatan Layanan Haji Siskohat di Cisarua Bogor, Rabu (23/3/2016).

Dia mengatakan, Sekarang calon jamaah yang ingin mendaftar haji cukup membuka tabungan di bank yang ditentukan untuk menerima setoran haji atau istilahnya Bank Penerima Setoran (BPS).

Nanti lewat BPS ini calon jemaah membayar Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

Setelah itu, calon jamaah pergi ke Kantor Kemenag Kab/Kota untuk melakukan validasi, mengisi formulir, serta melakukan cetak nomor porsi.

Selain pendaftaran, Ditjen PHU juga menyederhanakan proses pelunasan menjadi hanya dua tahap dengan inisiatif membuka pelunasan bagi calon jamaah haji kuota cadangan.

Pengalaman tahun lalu sangat efektif kebijakan ini terbukti efektif dalam pemanfaatan kuota.

Padahal tahun-tahun sebelumnya, pelunasan dibuka sampai enam tahap dan berdampak pada adanya sisa kuota.

“Saya tidak mau kuota tersisa digunakan serampangan. Mesti harus dialokasikan sesuai dengan ketentuan akuntable dan transparan,” kata mantan orang nomor satu di UIN Walisongo Semarang ini.

Proses pendaftaran haji:

1. Calon jamaah yang ingin mendaftar haji cukup membuka tabungan dan membayar Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) di Bank Penerima Setoran (BPS).

2. Setelah itu, calon jamaah pergi ke Kantor Kemenag Kab/Kota untuk melakukan validasi, mengisi formulir, serta melakukan cetak nomor porsi.

Editor: fitriadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved