VIDEO: Cara Mengubah Sampah Organik Menjadi Kompos

Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Muara Jepu Desa Pelangas Kecamatan Simpang Teritip Kabupaten Bangka Barat

Laporan Wartawan Bangka Pos, Agus Nuryadhyn

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Muara Jepu Desa Pelangas Kecamatan Simpang Teritip Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Barat sudah memberdayakan limbah sampah rumah tangga.

Melalui Tenpat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) 3R, sampah sudah apat diolah menjadi kompos.

Selama satu bulan lebih bediri, KSM Muara Jepu sudah memproduksi sekitar 1,3 ton kompos, dan menghasilkan uang sekitar Rp 2 juta.

Gubernur Provinsi Kepulauan Babel H Rustam Effendi meresmikan TPSt 3R yang dihadiri Bupati Bangka Barat H Parhan Ali dan Wakil Bupati Markus, Kepala BLH Babar, mantan Satker TPST Subiantoro, Kasatker TPST Miarka, PPK Agus Wahyudi, Camat Simapng Teritip Syafei, Desa. Pelangas M Fakhri , Ketua KSM Muara jepu Willy Wahyudi, Tokoh masyarakat Adat Jerieng serta masyarakat dan Pengurus KSM Muara Jepu.

Menurut Rustam, sampah yang selama ini menjadi masalah. Namun di wilayah Bangka Barat, sudah melakukan pengolahan sampah.Ditambahkan Rustam, bahwa ia selaku gubernur mendukung dan mensupport keberaaan TPST 3R di desa Pelangas.

Bahkan sampah memiliki manfaat yang sangat besar baik organik dan anorganik. dan sampah ini bisa dipilah-pilah dan didaur ulang.

"Sampah yang diolah bisa dibuat dalam bentuk kerajinan bahkan dapat dikelola menjadi kompos,," ujarnya.

Penulis: agusrya
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved