Sampah Nyangkut di Jembatan Parit Lalang, Banjir Masuk ke Perumahan Warga

Warga Parit Lalang ujung wilayah Pangkalpinang yang terkena banjir dua kali di tahun 2016 ini, Jasuli mengeluhkan adanya sebuah jembatan

Sampah Nyangkut di Jembatan Parit Lalang, Banjir Masuk ke Perumahan Warga
BANGKAPOS.COM/AJIE GUSTI
Jembatan di wilayah Parit Lalang ujung yang diyakini warga membuat banjir dan air tumpah ke pemukiman warga, Jumat (1/4/2016). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Ajie Gusti Prabowo

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Warga Parit Lalang ujung wilayah Pangkalpinang yang terkena banjir dua kali di tahun 2016 ini, Jasuli mengeluhkan adanya sebuah jembatan penyeberangan sungai di depan rumahnya yang membuat banjir besar datang secara terus menerus.

"Jembatan ini baru dibangun setahun lalu, namun karena tidak terlalu tinggi saat pembuatanya dari badan sungai, membuat air susah mengalir saat hujan deras ditambah banyak kayu yang menghambat jalannya sampah sehingga air tumpah ke bawah dan wilayah parit lalang dekat lapangan bola," ungkapnya saat tengah merapikan kediamannya yang dilanda banjir untuk kedua kalinya, Jumat (1/4/2016).

Ia menjelaskan, kayu dan sampah yang menyangkut bahkan jumlahnya hingga tiga truk dengan diambil dari sungai secara bergotong royong oleh dirinya dan warga sekitar tersebut.

"Untuk sungai yang jebol itu tidak ada, pintu air juga tidak ada masalah, cuma ini saja yang membuat air tumpah ke pemukiman, sebelumnya dibangun di atas badan sungai tidak apa-apa, tetapi diubah menjadi lebih rendah seperti ini," tutur Jasuli.

Bahkan, dirinya menuturkan, sebuah warung yang tepat persis berada di depan jembatan itu hanyut dan hancur berantakan.

"Kemarin saja banjirnya sampai setinggi dada orang dewasa, bahkan rumah saya halamannya berlubang dalam sekali. ‎Disebelah rumah saya, teras warga lainnya sampai roboh, keluarganya gotong royong menimbun tanah yang tergerus akibat banjir," katanya.(*)

Penulis: Ajie Gusti Prabowo
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved