Normalisasi Sungai, Babel Anggarkan Dana Rp 150 Miliar dari APBD dan APBN

Dana dari pusat Rp 25 miliar, sedangkan biaya pengerukan Kolong Kacangpedang Rp 75 miliar, dan pengerukan Kolong Teluk Bayur Rp 50 miliar.

Normalisasi Sungai, Babel Anggarkan Dana Rp 150 Miliar dari APBD dan APBN
bangkapos.com/Agus Nuryadhyn
Didit Srigusjaya 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Evan Saputra

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya menegaskan, penanganan pascabanjir yang dilakukan Pemprov Babel harus program dan tak dapat dilakukan asal tunjuk.

Program yang dimaksud dia disini ada tiga, jangka pendek, menengah dan panjang.

Dijelaskan Didit, pada program itu, baik penganggaran maupun pelaksanaannya harus melalui prosedur. Pasalnya, menyangkut penggunaan keuangan negara yang harus pertanggungjawabakan dan mempunyai konsekwensi.

"Dana yang bersumber dari APBD maupun APBN untuk penanganan pascabanjir digunakan sesuai aturan, tidak bisa sesuka hati," tegas Didit saat menghubungi bangkapos.com, Selasa (5/4/2016).

Disebutkan Didit, dari hasil rapat koordinasi pascabanjir, Senin (4/4/2016), Gubernur Babel Rustam Effendi minta dibuatkan kolong seluas enam hektare di bagian hulu Pedindang, Kecamatan Pangkalanbaru, Bangka Tengah.

Mengenai lahan, kata Didit, PT Timah Tbk siap melepas lahan kuasa penambangan sesuai permintaan gubernur.

"Untuk pembangunan fisik kolong, dana dari pusat Rp 25 miliar, sedangkan biaya pengerukan Kolong Kacangpedang Rp 75 miliar, dan pengerukan Kolong Teluk Bayur Rp 50 miliar. Ada juga kegiatan pengerukan Sungai Rangkui dan Sungai Pedindang," jelas Didit.

Untuk itu, politisi PDI P ini berharap persoalan banjir di Pulau Bangka terutama melanda Bangka Tengah dan Pangkalpinang tidak dibawa dalam ranah politik.

"Jangan banjir dipolitisir dan pejabat salah menangani masalah banjir ini. Yang dibutuhkan masyarakat adalah langkah nyata penanganan pascabanjir, bukan sekadar lips service (ucapan mulut) saja," ungkapnya.

Penulis: Evan
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved