Pangkalpinang Terapkan Incinerator Untuk Pengelolaan Sampah

Sampah sudah menjadi masalah serius bagi kita. Apalagi, sampah ini, bisa mencemari lingkungan seperti udara, air tanah

Pangkalpinang Terapkan Incinerator Untuk Pengelolaan Sampah
bangkapos.com/Zulkodri
Walikota Pangkalpinang, M Irwansyah ketika memantau langsung, proses pengelolaan sampah di TPA Parit Enam Kota Pangkalpinang, Jumat (08/04/2016).

Laporan wartawan Bangka Pos, Zulkodri

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dalam rangka meminimalisir, dampak pencemaran lingkungan dari sampah,  Pemerintah Kota Pangkalpinang, melalui dinas kebersihan menerapkan pengelolaan sampah dengan mengunakan Incinerator dengan sistem Maxpell.

Walikota Pangkalpinang, M Irwansyah kepada bangkapos.com, Jumat (08/04/2016) mengatakan sistem pengelolaan sampah ini, dilakukan karena dinilai mudah, murah dan ramah lingkungan.

" Sampah sudah menjadi masalah serius bagi kita. Apalagi, sampah ini, bisa mencemari lingkungan seperti udara, air tanah dan tempat berkembang bakteri pembawa penyakit. Untuk itu, kita terus mencari cara pengelolaan sampah yang efisien, murah dan ramah lingkungan. Salah satunya dengan incinerator, sistem ini, sendiri sudah dilakukan di Kabupaten Cimahi Jawa Barat dan di Singapura," ujar Walikota Pangkalpinang, M Irwansyah ketika memantau langsung pengelolaan sampah di TPA Parit Enam Pangkalpinang, Jumat (08/04/2016).

Pengelolaan sampah, dengan Incinerator ini, lanjut orang nomor satu Pangkalpinang, ini sudah mereka konsultasikan langsung dengan Dirjen penegakan hukum lingkungan hidup dan kehutanan kementerian lingkungan hidup, Rasio Ridho Sani.

" Menurut Pak Rasio, pengelolaan sampah, mengunakan incinerator, sah-sah saja, dengan catatan sesuai dengan persyaratannya," ujarnya.

Namun untuk lebih, memastikan sistem pengelolaannya tidak bermasalah, pihaknya akan melakukan study ke daerah Cimahi untuk mempelajari sistem Incinerator agar lebih baik.

" Kita tentu akan terus mempelajari, bagaimana kinerjanya. Memang alatnya mudah dioperasikan, tetapi syart-syaratnya yang harus kita ikuti, agar kedepan, niat baik ini, tidak menjadi masalah kedepan," ucap Walikota Termuda di Indonesia ini.

Penulis: zulkodri
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved