Lakukan Ini Jika Kena Serangan Jantung

Serangan jantung adalah kondisi gawat darurat. Beberapa menit pertama adalah sangat penting untuk keberlangsungan kehidupan penderita.

Lakukan Ini Jika Kena Serangan Jantung
http://cdn-2.tstatic.net
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM -- Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor 1 tertinggi di Indonesia. Oleh karena itu serangan jantung merupakan kondisi yang paling menakutkan bagi manusia, karena serangan jantung bisa saja merenggut nyawa penderitanya. Hal ini sangat berbahaya dan membutuhkan perhatian.

Sekarang ini, banyak orang yang melakukan pola hidup yang tidak sehat. terlalu sering konsumsi makanan junk food, merokok, jarang berolahraga dapat memicu peningkatan kolesterol, peningkatan tekanan darah yang dapat memicu kerusakan pembuluh darah jantung.

Serangan jantung adalah kondisi terhentinya aliran darah yang menuju ke jantung dan mengakibatkan sebagian sel jantung mati. Penyebab terbanyak serangan jantung diakibatkan adanya penyumbatan pembuluh darah.

Serangan jantung adalah kondisi gawat darurat. Beberapa menit pertama adalah sangat penting untuk keberlangsungan kehidupan penderita.

Bila serangan jantung yang berlangsung lama dan melewati periode emas yang hanya sekitar 20-40 menit bisa menyebabkan penderita mengalami kerusakan pada jantung yang semakin parah dan berakhir dengan kematian.

Serangan jantung adalah hal yang sangat mengerikan namun banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya bisa mendapat serangan jantung, karena kejadiannya memang begitu mendadak, dengan gejala timbulnya rasa nyeri di dada.

Gejala serangan jantung yang perlu diwaspadai:

  1. Nyeri dada
  2. Jantung berdebar-debar
  3. Cepat letih
  4. Sesak napas
  5. Ada riwayat sering pingsan
  6. Sesak bila tidur terlentang
  7. Beberapa organ tubuh membiru, serta perut dan bagian kaki membengkak
  8. Rasa nyeri yang hebat pada bagian dada disertai mual dan muntah
  9. Rasa tertekan atau seperti ditimpa beban, sakit, terjepit, diperas dan terbakar di bagian dada, yang dapat menjalar ke lengan kiri, leher dan punggung bila sudah parah.

Apa yang harus Anda lakukan saat mengalami serangan jantung:

1. Jangan panik!
Sikap panik akan memperparah kerusakan pembuluh darah jantung. Jadi harus Anda ingat "jangan Panik" saat mengalami serangan jantung.

2. Panggil bantuan
Anda harus segera menghubungi nomor telepon darurat untuk respons cepat mobil ambulans. Simpan nomor ini di ponsel Anda, agar bisa cepat menghubungi nomor ini.

Batuk terus dengan sekuat tenaga!

Setiap kali sebelum batuk, tariklah napas dalam-dalam, kemudian batuklah dengan kuat, dalam dan panjang, seperti hendak mengeluarkan dahak yang berada dalam dada. Setiap selang dua detik, tarik napas sekali dan batuk kembali hingga pertolongan tiba atau hingga merasa denyut jantung sudah normal.

Tujuan menarik napas adalah untuk memasukkan oksigen ke dalam paru-paru. Sedangkan tujuan batuk adalah untuk menekan jantung agar sirkulasi aliran darah kembali normal dan mengembalikan denyut jantung menjadi normal. Terus lakukan cara ini sambil menunggu bantuan datang.

Serangan jantung adalah kondisi gawat darurat yang membutuhkan pertolongan segera, sebelum kejadian ini terjadi mulailah menjalani pola hidup yang sehat dan menjaga jantung Anda agar tetap sehat sejak dini.(dokter.id)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved